Parlemen

Ketua Fraksi Demokrat DPRD Pekanbaru Minta Dinkes Lakukan Rapid Test di Lingkungan Tempat Pasien

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Anggota DPRD Kota Pekanbaru, Aidil Amri meminta Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru untuk melakukan Rapid Test di lingkungan sekitar tempat tinggal pasien yang sudah dinyatakan terinfeksi Corona Virus (Covid-19).
 
Politisi Demokrat ini menerangkan bahwa Diskes ataupun tim gugus tugas penangangan dan penanggulangan Covid-19 tidak cukup hanya dengan melakuan Tracking terhadap wilayah yang pernah didatangi oleh sang pasien positf.
 
"Sebagai contoh di Kelurahan Limbungan Kecamatan Rumbai, Diskes memang sudah melakukan Tracking namun itu saja tidak cukup. orang-orang yang sudah berinteraksi dengan yang positif ini harus di lakukan Rapid Test atau Swab," kata Aidil, Kamis (23/04/2020).
 
Jika ODP tersebut tidak kunjung dilakukan pengecekan terhadap kesehatannya, dikhawatirkan orang yang menyandang status ODP tersebut sudah terinfeksi dan bisa membawa virus tersebut untuk disebarkan kepada orang lain.
 
Tak hanya itu, Anggota Komisi I DPRD Pekanbaru ini juga meminta Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dan juga Pemprov Riau untuk melengkapi Alat Pelindung Diri (APD) untuk tim medis.
 
"Secepatnya dilengkapi karena semakin hari semakin banyak orang yang terinfeksi Covid-19," ucapnya.
 
Aidil juga menuturkan bahwa ketika orang yang berinteraksi dengan pasien tersebut ditetapkan sebagai Orang Dalam Pantauan (ODP) dan harus menjalankan karantina mandiri dirumahnya, Aidil menegaskan bahwa pemerintah harus langsung memberikannya bantuan.
 
"Ketentuannya ODP inikan dilarang keluar rumah, dan juga tentu kehilangan penghasilannya. dari itu pemerintah harus langsung memberikannya bantuan, kalau tidak ini yang kita khawatirkan," pungkasnya.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar