Daerah

Antisipasi Covid-19, 50 Personil Dites Swab di Mapolres Inhil

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Mapolres Inhil Gelar Swab bagi 50 orang personil gabungan antisipasi terjadinya Penularan Virus Corona (Covid-19).
 
Kapolres Inhil, AKBP Dian Setyawan menyebut bahwa Swab yang dilakukan hari ini adalah untuk mengantisipasi terjadinya penularan Covid-19 dilingkungan Mapolres Inhil.
 
"Jadi, yang kita swab hari ini berjumlah 50 orang gabungan dari Polres Inhil dan Polsek, diutamakan bagi personil Polres dan Polsek yang memiliki riwayat penyakit bawaan," Sebutnya, Selasa (08/09/2020).
 
Lanjutnya, AKBP Dian Setyawan menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan Swab tersebut, Polres Inhil bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil.
 
"Nanti setelah Swab dilaksanakan, hasilnya akan di kirim ke Lab Pekanbaru, setelah 5 hari hasilnya baru akan kita ketahui," Jelasnya.
 
Lebih lanjut, Kapolres Inhil menyebut bahwa apabila nanti ada hasilnya yang Positif maka tindakan yang pertama dilakukan adalah mengkarantinanya dilanjutkan dengan melakukan tracking terhadap keluarganya.
 
"Namun, kita berharap hasilnya nanti tidak ada yang positif. Kita berharap semua yang di swab hari ini hasilnya Negatif," Harapnya. 
 
50 Personil Dites Swab Covid-19
 
Sebanyak 50 Personel Polres Inhil dan Polsek menjalani tes swab Covid-19, pada Selasa (7/9/2020). Kegiatan dilaksanakan untuk memastikan kondisi kesehatan personel.
 
Tujuan dilakukan swab test untuk mencegah penyebaran covid-19 utamanya di internal Polres Inhil maupun di Polsek Polres Inhil.
 
Kegiatan tes swab terselenggara berkat kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil. Bertempat di Aula Mapolres.
 
Kapolres Inhil, AKBP Dian Setyawan mengatakan tes swab dilaksanakan bagi personel pengemban tugas pelayanan. Dimana mereka merupakan personel yang berada di garda terdepan pelayanan kepolisian kepada masyarakat.
 
“Kita lakukan swab terhadap anggota yang dalam tugasnya berhubungan langsung dengan masyarakat,” ucapnya.
 
Disampaikan Dian, bahwa kegiatan tes swab dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan personel di fungsi pelayanan. Diharapkan para personel yang bertugas dalam pelayanan kepada masyarakat dalam kondisi sehat dan tidak terpapar Covid-19.
 
“Dalam pelaksanaan kali ini ada 50 personel yang menjalani tes swab. Kita akan laksanakan kembali secara bertahap sehingga bisa seluruh petugas di fungsi pelayanan dilakukan pemeriksaan,” jelasnya.
 
Kapolres menambahkan, untuk hasil tes swab hari ini diperkirakan akan bisa diketahui dalam lima hari kedepan. Nantinya hasil akan dikirimkan melalui dinas kesehatan setelah dilakukan pemeriksaan di laboratorium.
 
"Semoga tidak ada yang Positif Covid-19. Namun apabila ada anggota yang positif Covid-19, kami akan menerapkan prosedur keselamatan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan RSUD Tembilahan untuk dilakukan isolasi, dilakukan perawatan agar tidak menyebar, untuk keluarga terdekatnya kami lakukan tracking," jelas Kapolres.
 
Ia juga menghimbau kepada anggota Polri khususnya jajaran Polres Inhil yang bersentuhan dengan masyarakat, agr melaksanakan tugas tetap mematuhi protokol Kesehatan.
 
"Patuhi protokol kesehatan saat melaksanakan tugas seperti menggunakan masker, rutin cuci tangan, dan selalu menjaga jarak," tukasnya.
 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar