Parlemen

Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru Minta OPD Garap PAD di 6 Sektor

Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Sigit Yuwono ST
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Sigit Yuwono ST, meminta, agar semua OPD di lingkungan Pemko Pekanbaru, mengejar ketertinggalan PAD yang belum tergarap. Terutama katanya di 6 sektor, yang selama ini menjadi pundi-pundi kas daerah.
 
"Kepala OPD harus punya terobosan dalam meraih PAD. Masih ada waktu sekitar 5 bulan dalam tahun 2020 ini, untuk mendapatkan PAD. Kerahkan semua potensi yang ada," kata Anggota Fraksi Demokrat, Sigit Yuwono ST, Jumat (17/07/2020).
 
Diketahui, wabah pandemi Covid-19 yang melanda dunia, terutama Kota Pekanbaru, berpengaruh kepada pendapatan asli daerah (PAD).
 
Selama hampir 3 bulan Corona mewabah, kini APBD Pekanbaru 2020 turun secara drastis. Dari angka yang disahkan Rp 2,6 triliun, saat ini hanya tinggal sekitar Rp 2,1 triliun.
 
"Kepala Bapenda, DMPTSP, Dishub, Dinas PU dan lainnya, agar mendata lagi potensi PAD kita. Sehingga apa yang sudah kita programkan untuk pembangunan Kota Pekanbaru ini, bisa terealisasi," pinta Sigit.
 
Secara kelembagaan, DPRD Pekanbaru memberi dukungan penuh kepada semua OPD dalam hal meraih PAD. Apakah itu dalam regulasi (Perda) atau dukungan lain.
 
"Bila perlu DPRD akan turun ke lapangan melihat kondisi pergerakan usaha kalangan swasta di era new normal atau masa prilaku hidup baru (PHB) saat ini," ungkapnya.
 
Hal itu dilakukan supaya PAD Kota Pekanbaru turut terbantu dan mampu menggarap sektor-sektor yang belum digarap selama ini. Selain itu juga untuk memacu agar OPD-OPD terkait untuk lebih giat dalam mencari peluang PAD yang selama ini kurang maksimal dilakukan oleh Pemko Pekanbaru.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar