Parlemen

Wakil Rakyat Dorong Pemko Bisa Atur Aktivitas Imigran

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - DPRD Kota Pekanbaru mendorong pemerintah kota bisa mengatur aktivitas para imigran. Apalagi ada di antara oknum imigran malah membut masalah di Kota Pekanbaru.
 
"Kami menilai harus ada penyelesaian atas permasalahan imigran di Kota Pekanbaru, aktivitas mereka harus diatur," kata Ketua Komisi III DPRD Kota Pekanbaru, Yasser Hamidy, Rabu (12/8/2020) dalam rapat membahas permasalahan imigran di Kota Pekanbaru.
 
Yasser mengingatkan agar jangan sampai masalah imigran jadi berlarut. Maka harus ada aturan bagi para imigran tersebut selama berada di Kota Pekanbaru.
 
Politisi PKS ini menyarankan agar para imigran jangan terlalu lama di luar penampungan. Bila ini terjadi bisa menimbulkan permasalahan sosial.
 
Yasser mengaku mendapat banyak info dari masyarakat. Ia menyebut ada oknum imigran malah berbuat ulah di tengah masyarakat.
 
Ada juga yang menyebarkan ajaran tidak sesuai dengan ajaran syariat Islam. Satu di antaranya membuat praktik kawin kontrak 
 
Yasser menilai harus ada solusi atas seluruh permasalahan imigran di Kota Pekanbaru. Pemerintah kota bisa  berkordinasi dengan semua pihak agar ada solusi untuk penempatan imigran.
 
"Jangan dipaksakan, nanti muncul konflik baru di masyarakat," pungkasnya.
 
Selama ini para imigran itu kerap terlihat berkeliaran di Kota Pekanbaru. Bahkan ada yang terdeteksi berada di tempat-tempat keramaian di pusat-pusat perbelanjaan yang ada di Kota Pekanbaru. Keberadaan imigran yang tidak terdeteksi di pusat-pusat keramaian dikhawatirkan dapat menimbulkan hal-hal yang negatif. Misalnya keributan-keributan yang pada akhirnya dapat memicu konflik sosial.
 
Selain itu juga agar jangan sampai para imigran tersebut terlibat aksi-aksi kriminal di Kota Pekanbaru sehingga menimbulkan masalah baru dan dapat menganggu iklim investasi bahkan perekonomian di Kota Bertuah ini.
 
Hal itu perlu dilakukan pencegahan secara dini, supaya kekhawatiran keberadaan para imigran ini dapat dicegah sedini mungkin. Dan juga untuk menjaga stabilitas dan kenyamanan Kota Pekanbaru sebagai kota jasa dan bersahabat bagi semua warganya.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar