Parlemen

Pasien Positif Corona Ternyata OTG, Nofrizal Minta Pemko Pekanbaru Beri Edukasi Kepada Masyarakat

Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Nofrizal
GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Puluhan pasien positif corona atau Covid-19 di Kota Pekanbaru ternyata berasal dari kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) dan harus menjalankan isolasi mandiri. Untuk memberi rasa aman kepada masyarakat dilingkungan pasien yang terpapar wabah corona tersebut, Pemerintah Kota Pekanbaru bersama intansi terkait diminta turun melakukan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat agar tidak khawatir yang berlebihan bahkan sampai mengucilkan keluarga yang terpapar. 
 
"Informasinya kemaren ada yang sampai dikucilkan karena terpapar wabah Covid-19, tentu kita tidak mau seperti ini, masyarakat harus diberi pemahaman dan edukasi bagaimana cara menyikapi jika ada warga yang terpapar bukan mengucilkan," Ungkap Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Ir Nofrizal MM, pada, Rabu kemarin (12/8/2020) di Pekanbaru.
 
Nofrizal mengakui bahwa wabah Covid-19 ini menjadi ancaman sejak beberapa bulan belakangan, namun menurut Politisi PAN ini, jika dibarengi dengan disiplin ketat dalam menjalankan Protokol Kesehatan Covid-19 seperti mengguna masker, selalu cuci tangan dan menghindari kerumanan diyakini mampu menangkal penyebaran wabah corona. 
 
"Masyarakat harus diberi pemahaman, apalagi kita sudah ada Satgas Covid per rw, seharusnya tim satgaa ini dimaksimalkan memberikan edukasi kepada masyarakat dan gunakan anggaran yang diperuntukkan untuk memberi edukasi kepada masyarakat," Ujar Nofrizal lagi. 
 
Kepada warga yang terpapar Covid-19 dan menjalankan isolasi mandiri di rumah,  Nofrizal berharap agar tetap mendapatkan pelayanan yang maksimal dari petugas dan tetap dilakukan pemantauan secara intensif. 
 
 
"Petugas jangan sampai lengah, lakukan pemantauan dan pengecekan secara intens, setidaknya dicek dua kali sehari dan dipantau perkembangan pasien, dan yang paling penting masyarakat sekitar diberi pemahaman, bahkan jika kondisi masyarakat terpapar makin membaik juga dikabarkan agar masyarakat disekitar tidak khawatir yang berlebihan, " Pungkas Nofrizal.
 
Dia juga berharap agar petugas untuk pro aktif mendata warga serta memberikan edukasi ke masyarakat luas, sehingga tidak terjadi konflik sosial juga dapat menanggulangi lebih dini kejadian-kejadian penularan COVID-19 ini.
 
Masyarakat juga kata Nofrizal untuk tetap terus menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) dengan cara selalu menggunakan masker setiap beraktifitas diluar rumah. Selain itu menghindari kerumunan massa menjaga jarak dalam setiap aktifitas diluar rumah, dan rajin mencuci tangan saat selepas beraktifitas diluar rumah.
 
Pasalnya penularan COVID-19 ini trend nya terus mengalami peningkatan akhir-akhir ini akibat masih adanya OTG yang belum terdekteksi dan menerapkan prokes. Selain itu masih adanya pelanggar prokes saat beraktifitas di luar rumah. 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar