Nasional

Mendagri Usul DID Diberikan untuk Pemda Berprestasi Program Vaksinasi

Mendagri, Muhamad Tito Karnavian, saat melakukan video conference pada Pertemuan Koordinasi dengan Bupati dan Walikota se-Indonesia

GAGASANRIAU.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengusulkan Dana Insentif Daerah (DID) diberikan untuk Pemerintah Daerah (Pemda) yang berprestasi dalam program vaksinasi. 

Hal itu dikatakannya dalam Pertemuan Koordinasi dengan Bupati dan Walikota se-Indonesia untuk Membahas Akselerasi Capaian Vaksinasi melalui Video Conference, Jumat (29/01/2021). 

“Saran kami kepada Bapak Menkes, agar sama-sama kita dukung Kemenkeu, yang  memiliki dana insentif daerah (DID), yang diberikan kepada daerah-daerah yang berprestasi. Kalau nanti ada daerah-daerah yang kita anggap berprestasi dalam program vaksinasi ini, maka kita akan usulkan kepada Menkeu agar mereka mendapatkan dana insentif,” katanya. 

Dikatakannya, kecepatan menjadi kunci dalam program vaksinasi untuk memunculkan kekebalan kelompok atau herd immunity. Oleh karena itu, ia mengapresiasi pemerintah daerah yang proaktif, cepat dan tanggap dalam melakukan vaksinasi. 

“Saya mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada rekan-rekan kepala daerah yang tadi bisa melakukan vaksinasi dengan cepat. Kita semua perlu belajar kepada kepala daerah tersebut. Apa resepnya, sehingga bisa cepat dan mungkin kepala daerah yang lain, dinas kesehatan yang lain juga nanti bisa bertanya kepada daerah-daerah itu,” ujarnya. 

“Kami juga menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi dengan acara rutin mingguan seperti ini, dimana  kita bisa melakukan anev. Juga tadi dengan data yang disampaikan oleh Pak Menkes, saya kira sangat bagus sekali karena bisa menimbulkan iklim yang kompetitif, di mana daerah yang vaksinasi cepat ditampilkan dan mungkin ada juga daerah yang vaksinasinya lamban, 10 terlamban juga ditampilkan,” usul Mendagri Tito. 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar