Daerah

Tak Kunjungan Selesai, Komisi IV Pekanbaru akan Panggil Kontraktor Proyek IPAL

Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Sigit Yuwono ST. (Dok. Ain/GAGASAN)

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Proyek instalasi pembuangan limbah air di beberapa ruas jalan Kota Pekanbaru yang tak kunjung selesai, Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Sigit Yuwono ST akan memanggil pihak kontraktor yaitu Adhi Karya.

"Proyek ini dimenangkan Adhi Karya untuk pengerjaan sampai ke buangan akhirnya. Segera mungkin akan kita panggil untuk diminta ekspos  terkait pengerjaan yang dilakukannya. Mana saja titik yang dikerjakannya, berapa lama waktu pengerjaannya," kata Sigit, kepada wartawan Selasa (16/2/2021).

Politisi Partai Demokrat ini juga melihat akibat dari lambat nya pengerjaan IPAL ini membuat kesemrawutan jalan dalam kota, akibat adanya penggalian, sehingga jalan menjadi rusak dan sempit. Proyek ini tentu berdampak buruk bagi toko-toko disekitar nya serta lalu lintas disekitar proyek tersebut dipenuhi oleh debu.

Bahaya nya lagi alat berat yang bekerja di tengah padatnya arus lalulintas, bisa saja pengendara tertimpa besi-besi proyek. Hal ini bisa dijumpai di Jalan Ahmad Yani ketika alat berat tersebut tetap bekerja mengangkat besi-besi proyek sedangkan kendaraan warga lalu-lalang di sekitarnya.

"Untuk galian yang ada alat beratnya, kontraktor seharusnya melihat keadaan lapangannya. Jangan (bekerja,red) jika lalulintas padat. Ada baiknya tidak menganggu lalulintas," tegas Sigit.

Proyek IPAL dikerjakan PT Adhi Karya masuk tahapan penyelesaian sampai ke titik akhirnya. Komisi IV yang membidangi pembangunan belum mendapat informasi mengenai tahap penyelesaian IPAL, dari pihak pemenang tender yaitu Adhi Karya terkait pekerjaan yang telah dilakukan.

"Kendala apa yang terjadi, selesai digali kok belum diaspal, ada baiknya sebelum diaspal lubang bekas galian itu di-police line atau diberi tanda agar pengendara bisa berhati-hati jika melewatinya," pinta Sigit.

Reporter: Nurwalidaini


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar