Daerah

DPRD Pekanbaru Minta Jaminan Pengelolaan Sampah Teratasi

Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Hamdani

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Akhirnya tender pengangkutan sampah di Pekanbaru tayang di situs website LPSE Kota Pekanbaru setelah dua kali gagal tayang di situs LPSE.

Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Hamdani menegaskan dengan hal ini pemerintah harus memberikan jaminan jika nantinya dikelola dengan pihak ketiga, maka tumpukan sampah yang sudah 2 bulan ini dapat teratasi.

"Intinya kita ingin apa yang disampaikan Pemko bisa menjamin persolan sampah bisa diselesaikan," tegas Hamdani.

Tumpukan sampah yang terjadi sejak awal 2021 seiring dengan berakhirnya kontrak kerjasama antara PT Godang Tua Jaya dan PT Samhana Indah yang selama 3 tahun belakang menjadi rekanan Pemko Pekanbaru dalam mengangkut sampah.

Seluruh anggota DPRD Pekanbaru menginginkan hal yang sama, yaitu melakukan swakelola sampah yang melibatkan Camat hingga RT/RW. Yang mana cara ini cukup efektif dan juga sudah terbukti pada saat Herman Abdullah menjabat sebagai Walikota.

"Kita lebih menyarankan agar persoalan sampah ini diserahkan kepada masyarakat melalui LPM, RT/RW, Lurah dan Camat. Sehingga kontrol dari pemerintah juga lebih mudah. Tidak hanya itu, anggaran yang dikeluarkan Pemko juga lebih ekonomis dan bisa dialihlan ke hal-hal lain yang juga dibutuhkan, seperti untuk honor RT/RW dan keperluan lainnya," katanya.

Disamping itu Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri juga menegaskan kepada Pemko agar cepat mengambil tindakan Karena tumpukan sampah tentunya mengganggu kesehatan masyarakat.

"Pemerintah harus cepat, tanggap, dan tegas. Pemerintah harus memikirkan kesehatan dan keselamatan masyarakat. Regulasi yang dibuat Pemko perlu diperbaiki. Ditinjau kembali. Efektif tidak?" tegas Wendi.

Sama hal nya dengan Hamdani, Azwendi juga menginginkan pengelolaan sampah ini dilakukan secara swakelola dengan melibatkan Camat, Lurah hingga RT/RW.

"Jadi mereka bisa efektif meningkatkan pemasukan PAD, dan mereka bisa mengatasi permasalahan ini secara langsung. Saya yakin ide ini, karena ini tempat mereka sendiri tnggal. Maka pasti akan cepat teratasi," pungkasnya.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar