Daerah

Wacana Bangun 2 SMP Negeri, Disdik Bekerjasama dengan DPRD Pekanbaru

Acara Forum Perangkat Daerah (FPD) Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru dihadiri Oleh Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Hamdani

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Pada saat ini terdapat tiga masalah yang dihadapi oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, pertama adalah masalah pemenuhan Sumber Daya Manusia (SDM). Kedua, masalah keterbatasan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan. Ketiga, masalah reformasi birokrasi yang belum berjalan dengan baik, sehingga masih banyak keluhan dari warga tentang adanya dugaan praktek pungutan liar di sekolah.

Hal ini disebutkan langsung oleh Kepala Disdik Pekanbaru, Ismardi Ilyas dalam acara Forum Perangkat Daerah (FPD) Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Tahun 2021, Selasa (23/3/2021).

Pada acara ini dilakukan sejumlah pembahasan salah satu nya wacana pembangunan 2 sekolah baru di Kecamatan Tuah Madani yang akan dilaksanakan pada tahun ini.

Ismardi menyebut kerjasama antara Disdik dan DPRD Pekanbaru sangat penting untuk dilakukan dalam mengawal anggaran pendidikan guna meningkatkan mutu pendidikan yang ada di Kota Pekanbaru.

"Sesuai amanah Undang-undang yakni 20 persen dari jumlah total dana APBD Pekanbaru. Bahkan pada tahun ini akan ada pembangunan 2 unit SMP Negeri di Kecamatan Tuah Madani," sebut Ismardi.

Lebih lanjut Ismardi mengatakan DPRD Pekanbaru bisa memberikan dukungan terhadap Disdik Pekanbaru, terutama dari sisi anggaran. Yang sesuai amanah Undang-undang yakni 20 persen.

"2 unit SMP Negeri yang akan dibangun ada di Jalan Muhajirin dan Jalan Tuah Karya. Selain 2 unit SMP Negeri, juga akan dibangun 1 unit SMA Negeri di Kecamatan Bukit Raya yang akan dibangun oleh Disdik Riau," kata Ismardi.

Ismardi menjelaskan dalam penyusunan RKPD tahun 2022, Disdik Pekanbaru berpedoman pada hasil usulan Musrembang tingkat kecamatan yang sudah dilaksanakan pada bulan Januari lalu. Tidak hanya itu usulan dari kegiatan reses dan pokok pikiran anggota DPRD Pekanbaru nantinya akan dimasukkan, demi mewujudkan pendidikan yang berkualitas di Pekanbaru.

Ketua DPRD Pekanbaru, Hamdani yang turut hadir dalam FPD tersebut menyebut demi mewujudkan Kota Pekanbaru yang Smart City Madani, DPRD Pekanbaru siap memberikan dukungan berupa Peraturan Daerah (Perda) tentang pendidikan dan juga bantuan anggaran.

"Kami dari DPRD Pekanbaru, selalu berupaya untuk memberikan dukungan kepada Disdik Pekanbaru sehingga pendidikan yang berkualitas bisa diwujudkan. Bahkan kami juga siap, untuk memfasilitasi Disdik Pekanbaru dalam menerbitkan perda-perda di bidang pendidikan yang kini masih sangat minim," kata Hamdani.

Reporter: Nurwalidaini


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar