Daerah

Ketua DPRD Pekanbaru Ajari Pemko Terkait Penyelesaian Masalah Banjir

Hamdani Ketua DPRD Kota Pekanbaru

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Setelah dipantau langsung saat turun titik banjir Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Hamdani mendapat informasi dari warga kalau banjir ini siklus lima tahunan. 

"Setiap lima tahun sekali, tingkat curah hujan  itu tinggi. Harusnya sudah ada manajemen antisipasinya. Kanal-kanal atau anak sungai dikeruk kembali. Parit-parit di perumahan harus tekoneksi dengan anak sungai," katanya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini juga mengatakan, disamping memang kesiapan Pemerintah Kota (Pemko) sebagai eksekutif harusnya melakukan mitigasi ini, kemudian menetapkan porsi yang pas untuk melakukan proses pencegahan banjir. 

"Kalaupun hujannya tinggi, itu tidak akan banjir kalau semuanya diperbaiki. Saya rasa banjir ini hanya sekedar lewat saja kalau kanal-kanal diperbaiki. Anak sungai dan drainase diperhatikan," jelasnya.

Lebih lanjut, Hamdani menyebut bahwa Pemko Pekanbaru menetapkan darurat banjir dan itu hanya berlaku sampai 30 April. Hal ini ditetapkan Pemko dengan data-data.

"Saya tapi belum tau detail ini apakah Pemko menggunakan data BMKG, karena kan kita ada BMKG. Itu kan dari situ analisa cuaca bisa dilihat. Dan itu seberapa tinggi dan seberapa lama. Kalau asumsi saya, dari data itu. Tapi itu bisa dikejar lagi apa dasar penerapan itu hanya beberapa hari," tutupnya.

Reporter: Nurwalidaini


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar