Daerah

Alat Terkontaminasi, Laboratorium RSD Madani Dihentikan Sementara

Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Adanya gangguan pada alat maupun ruangan laboratorium membuat aktivitas di Laboratorium Biomolekuler di Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani Pekanbaru saat ini dihentikan sementara. 

"Hari ini rencana didekontaminasi semua alat maupun ruangannya karena diduga ada kontaminasi antara alat dan ruangan. Akibat kontaminasi tersebut mengakibatkan hasil swab bisa tidak valid," kata Dirut RSD Madani, dr Arnaldo Eka Putra, Senin (21/6/2021).

Arnold menjelaskan pemberhentian sementara ini nantinya ditargetkan bisa beroperasi lagi dalam beberapa waktu ke depan. Apa lagi alat yang ada di laboratorium milik Pemko ini diharapkan kinerjanya untuk bisa mengecek hasil dari sampel swab Covid-19.

Diketahui gangguan yang ada pada alat ini diduga terkontaminasi dari zat-zat yang ada di ruangan laboratorium tersebut, sehingga mengakibatkan hasil dari alat tersebut nantinya tidak valid.

"Baru sebulan ini terkontaminasi, sebelumnya lancar dan baik-baik saja. Nanti yang melakukan dekontaminasi dari pihak perusahaan penyedia alat," jelasnya.

Arnold menambahkan mengatakan dalam waktu 24 jam, Laboratorium Biomolekuler yang ada di RSD Madani ini bisa melakukan pengecekan sampel swab Covid-19 sebanyak 500 sampel.

"Kalau beroperasi 24 jam bisa menguji 400-500 sampel," pungkasnya.

Reporter: Nurwalidaini


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar