Pendidikan

Tim KUKERTA UNRI Semprot Disinfektan di Sekitar Rumah Warga Kelurahan Sialang Munggu

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Tingkat penyebaran Covid-19 di kota Pekanbaru semakin naik diiringi adanya perpanjangan waktu PPKM level 4 yang diberlakukan tanggal 3 sampai 9 Agustus 2021. 

Salah satu daerah yang diberlakukan PPKM yaitu RW 02 Kelurahan Sialang Munggu. Pada saat PPKM, tentunya juga masyarakat selalu diajak bersama-sama untuk menaati protokol kesehatan. 

Dalam rangka mendukung protokol kesehatan, Tim KKN Universitas Riau (UNRI) Sialang Munggu melakukan salah kegiatan program kerja tema new normal yaitu penyemprotan disinfektan. 

Kegiatan ini mulai dilakukan pada Minggu 1 Agustus 2021 bertempat di sekitar lingkungan RW 02 Kelurahan Sialang Munggu. Kegiatan ini juga telah mendapat izin dan disambut baik oleh ketua RW/RT setempat.

“Penyemprotan disinfektan ini upaya yang baik dilakukan untuk membasmi virus di udara, dan kami juga terbantu sekali dengan adanya kegiatan ini untuk mencegah penyebaran virus ini di lingkungan RW 02," kata H Zarkani Hamid, Ketua RW 02. 

Dukungan juga diberikan oleh setiap ketua RT di RW 02 Kelurahan Sialang Munggu.
Sebelum melakukan penyemprotan disinfektan, tim Kukerta UNRI menyiapkan peralatan seperti alat penyemprot dan bahan seperti air, wipol, dan bayclin. 

Adapun untuk membuat cairan disinfektan yaitu mencampurkan cairan wipol dengan bayclin lalu dilarutkan dengan air bersih. Setelah selesai persiapan, langsung bergegas menuju lokasi penyemprotan yang telah ditentukan sebelumnya. Penyemprotan ini dimulai pada pukul 09.00 sampai 12.00 WIB.

“Penyemprotan disinfektan yang kami lakukan di sekitaran lingkungan RW 02 khususnya tempat umum dan sering dikunjungi masyarakat misalnya masjid, GOR bulu tangkis, warung, dan sekitar rumah warga," kata Ketua Tim KUKERTA UNRI, Ryo Malvin.

Hal senada juga disampaikan oleh Annisa Suandy, Wakil Ketua Tim KUKERTA UNRI, lokasi tersebut dipilih karena disitu banyak dikunjungi dan ada interaksi masyarakat, dengan penyemprotan ini diharapkan dapat mengatasi penyebaran virus Covid-19.

Saat penyemprotan dilakukan, masyarakat sekitar juga menyambut dengan baik kegiatan ini. Salah seorang warga RW 02 Kelurahan Sialang Munggu, Yeni, berpendapat bahwa penyemprotan disinfektan ini diharapkan dapat membasmi virus dan untuk kedepannya dapat dilanjutkan lagi.

"Semoga mampu membasmi virus untuk mencegah penularan Corona," katanya.

Selain itu, tim KUKERTA juga menyempatkan mengajak warga disekitar lingkungan RW 02 untuk menaati protokol kesehatan. Harapannya, kegiatan ini dapat membantu pencegahan virus Covid-19 dan mendukung keselamatan masyarakat di masa new normal.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar