Daerah

Jamkesda Terhenti, Dirut RSUD Sebut Pemkab Kampar Belum Bayarkan Tunggakan Tagihan

Foto ilustrasi

GAGASANRIAU.COM, KAMPAR- dr Asmara Fitrah Abadi, Direktur Utama (Dirut) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangkinang menyatakan sejak tanggal 2 September 2021, layanan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) untuk masyarakat tak mampu dihentikan sementara.

Pemerintah Kabupaten Kampar melalui Dinas Kesehatan setempat sejak tahun 2019 hingga pertengahan tahun 2021 ini belum membayarkan tunggakan tagihan Jamkesda kepada RSUD Bangkinang.

"Iya dari 2019, 2020, sampai sekarang. Sekitar Rp. 8,8 Milyar " terang dr Asmara Fitra, kepada bukamata.co, Sabtu, 4, September 2021, lewat pesan daringnya di Bangkinang.

Dirut RSUD Bangkinang itu enggan menanggapi apa penyebabnya tunggakan Jamkesda Dinkes Kampar hingga berlarut-larut sejak 2019 hingga sekarang. "Allahu alam bisawaf " jawab dr Asmara Fitra singkat.

Baca Juga : Parah Banget, Ternyata Pemkab Kampar Tidak Anggarkan Jamkesda Pada APBD Murni 2021

dr Asmara Fitrah juga menerangkan bahwa pihaknya sudah mengajukan tagihan ke Dinkes Kesehatan sebesar Rp 8,8 Milyar, namun katanya tak juga digubris.

Menurut dr Asmara Fitrah untuk tahu lebih jauh apa penyebab tunggakan Jamkesda ini belum dibayarkan, dia menyarankan untuk menanyakan langsung ke Dinkes.

dr Asmara Fitrah juga menjelaskan bahwa  RSUD Bangkinang sejak 2 September 2021 lalu sudah menghentikan sementara layanan Jamkesda.

Baca Juga : Wah, Wakil Ketua DPRD Kampar ini Tahu Jamkesda Tak Dianggarkan Setelah RSUD Menjerit

Sebelumnya Repol, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar mengungkapkan dirinya mengetahui bahwa Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) untuk warga kurang tak mampu tak dianggarkan pada APBD Murni Tahun 2021 setelah adanya laporan dari pihak RSUD Bangkinang karena hutang belum dibayarkan Pemeritah Kabupaten (Pemkab) setempat.

Repol juga membantah bahwa anggaran Jamkesda tidak dianggarkan. "Belum dianggarkan (pada APBD Murni 2021) bukan tidak dianggarkan. Masih ada peluang pada pembahasan APBD Perubahan " kata politisi Partai Golkar ini Sabtu 4 September 2021 melalui pesan daring dari gawainya menjawab pertanyaan bukamata.co terkait tidak dianggarkannya Jamkesda pada APBD Murni 2021 ini.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar