Daerah

Gerak Cepat Dinsos Kota Pekanbaru Tinjau Lokasi Penyerangan ODGJ di Panam

Dinas Sosial Kota Pekanbaru saat tinjau lokasi penyerangan oleh ODGJ di Jalan Purwodadi, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Jum'at (17/9). (Dok.Yuni/GAGASAM)

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Mendapat pengaduan dari masyarakat terkait penyerangan oleh Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang terjadi di Jalan Hr Soebrantas, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Jum'at (17/9), Dinas Sosial Kota Pekanbaru langsung meninjau lokasi.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kota Pekanbaru, Dian Permata Indah SE mengatakan pihaknya turun ke lapangan untuk mencari informasi terkait penyerangan tersebut.

"Tiap pengaduan yang kita terima akan kita tinjau dan selanjutnya akan kita serahkan ke rumah sakit jiwa Tampan untuk proses pengobatan," ucap Dian.

Penyerangan oleh ODGJ yang terjadi Jum'at (17/9) siang sekitar pukul 11.00 WIB ini berlangsung di salah satu toko handphone yang berada di Jalan Purwodadi.

Kejadian bermula saat korban selesai menerima telepon dan ingin memasuki toko, namun ia tiba-tiba dikejar dan diserang oleh ODGJ. Akibatnya korban mendapat luka cakar di bagian leher dan sejumlah luka pada lengan dan siku.

Saat tim Dinas Sosial Kota Pekanbaru sampai di lokasi, ODGJ yang dimaksud sudah tidak ada ditempat kejadian.

"Kita sudah menyusuri tempat sekitar dan sudah bertanya pada pedagang, tetapi tidak ada yang melihat," ujarnya.

Dian menambahkan pihaknya akan terus berupaya dalam mengurangi populasi ODGJ, gepeng dan orang terlantar lainnya.

"Kita akan terus melakukan pemantauan, untuk ODGJ jika setelah rehabilitasi dan dinyatakan sudah tenang, selanjutnya akan diserahkan kepada keluarga," tambahnya.

Kabid Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kota Pekanbaru ini menjelaskan bahwa tiap minggu nya ada sedikitnya tiga ODGJ yang diserahkan kepada RSJ Tampan.

"Hari ini kita sudah mengamankan ODGJ disekitar Jalan Sudirman, dan minggu kemarin ada sebanyak dua orang," pungkasnya.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar