Riau

Humas Colab Bersama WMPR Salurkan Ratusan Paket Sembako

Saat menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat. (Dok.Humas Polda Riau)

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Sebanyak 250 paket sembako disalurkan ke masyarakat di Pekanbaru. Aksi sosial ini dilakukan oleh Bidhumas Polda Riau bersama Wartawan Mitra Polda Riau (WMPR) guna membantu masyarakat terdampak Covid-19. 

Bertajuk Humas-WMPR "Peduli Sesama Saat Pandemi", pelepasan sembako ini dilakukan Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi, Sabtu pagi, 18 September 2021, di Jalan Bima Pekanbaru. 

Sebelum itu, Kapolda didampingi Wakapolda Brigjen Tabana Bangun, Karo SDM Komisaris Besar Joko Setiono, Kabid Propam Komisaris Besar Gatot Sudjono serta Kabid Humas Komisaris Besar Sunarto yang hadir secara simbolis menyerahkan bantuan kepada perwakilan warga yang berhak. 

Kemudian, sembako akan disalurkan dan dibawa menggunakan sepeda motor oleh sejumlah wartawan dan kendaraan operasional Polda Riau. 

Sunarto menjelaskan, pembagian sembako ini merupakan ide wartawan dan personel Humas Polda Riau. Setelah dilakukan beberapa kali pertemuan, akhirnya pembagian ini terlaksana. 

"Ini dari kami, Bid Humas dan WMPR berkolaborasi sebagai rasa peduli terhadap warga terdampak Covid-19," kata Sunarto. 

Sunarto menjelaskan, 250 paket sembako ini disalurkan ke panti jompo, dua panti asuhan dan ratusan warga terdampak Covid-19 di berbagai kecamatan. 

Kegiatan ini, selain melibatkan wartawan sebagai penyalur, juga dibantu dengan personel Bhabinkamtibmas di beberapa Polsek. Bhabinkamtibmas dinilai paling tahu kondisi warga di wilayahnya. 

Sunarto berharap kegiatan ini menjadi ladang amal bagi personel Humas dan WMPR. Kegiatan ini juga diharap menggugah pihak lain saling bahu membahu dan membantu warga terdampak Covid-19. 

"Semoga menjadi ladang amal bagi kita semua, terimakasih kepada PJU yang hadir melepas pembagian sembako ini," kata Sunarto. 

Adapun sumber keuangan sembako dilakukan secara swadaya dan tidak melibatkan pihak luar. Personel Humas Polda Riau dan anggota WMPR menyisihkan pendapatannya agar kegiatan ini terlaksana. 

Sementara itu, Kapolda Riau menyatakan Covid-19 banyak merubah kehidupan masyarakat. Dalam aspek sosial dan ekonom, pemenuhan kebutuhan sehari-hari tidak berjalan baik. 

Pembagian sembako ini, tambah Agung, sebagai upaya meringankan beban warga terdampak di Riau. Kegiatan ini juga sebagai tanda ketukan hati dan masih adanya rasa kemanusiaan. 

Agung mengatakan, wartawan dalam menjalankan tugasnya tidak hanya menulis berita. Namun juga merasakan apa yang dilihat dan dirasakan masyarakat sehingga terbuka hati membantu sesama. 

"Membuka hati saling bergandengan tangan untuk membantu mereka yang kurang beruntung," jelas Agung. 

Agung menjelaskan, 250 paket sembako jangan dilihat dari jumlah melainkan nilainya. Yaitu nilai keihklasan yang diaktualisasikan untuk menyisihkan rezeki kemudian berbagi. 

"Mari tingkatkan, asah kemanusiaan sehingga menjadi bagian masyarakat bermanfaat, ini penting karena begitu banyak masyarakat lain yang belum terbuka hatinya," terang Agung. 

Agung berharap kegiatan ini bejalan baik. Dia juga berpesan agar pembagian ini menerapkan protokol kesehatan karena Pekanbaru belum sepenuhnya terlepas dari Covid-19. 

"WMPR silahkan lanjutkan kreasi yang bermanfaat bagi masyarakat ini," kata Agung. 

Sebagai informasi, pembagian paket sembako juga dilakukan di Sungai Siak. Memakai perahu bermesin dari Direktorat Kepolisian Air Polda Riau, Humas-WMPR membagikan sembako kepada warga yang ditemui di sungai.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar