Pendidikan

Prodi Pendidikan Kimia UNRI Gelar Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Digital

Pelatihan Pembelajaran Berbasis Digital di SMP Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu. (Dok.Novi Wanda))

GAGASANRIAU.COM, INHU - Mahasiswa dan Dosen Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Riau melaksanakan Pendidikan Kimia Mengabdi 2021 di Kecamatan Rengat kabupaten Indragiri Hulu, Sabtu (25/9) lalu. 

Kegiatan ini mengangkat tema pembuatan media pembelajaran digital (kahoot, quiziz, socrative, dan flipbook maker) untuk guru SMP di Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu.

Kegiatan dilaksanakan atas dasar situasi pembelajaran daring yang menuntut seorang guru harus mampu menyajikan suatu media pembelajaran berbasis digital. 

Penggunaan media berbasis digital ini juga sudah sesuai dengan pembelajaran abad 21, dimana peserta didik harus melibatkan teknologi dalam pembelajaran.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh guru SMP di Kecamatan Rengat, Wakil Dekan I FKIP UNRI, dosen dan mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Riau.

Abdullah selaku Koordinator Program Studi Pendidikan Kimia menjelaskan maksud dari kegiatan ini yaitu untuk memberikan pelatihan kepada guru terkait media pembelajaran berbasis digital.

"Dimana biasanya kita hanya menggunakan media kertas seperti modul, sekarang kita bisa menggunakan media digital sehingga peserta didik bisa mengakses dimana dan kapanpun melalui perangkat mereka," kata Abdullah menjelaskan. 

"Media digital juga bisa menarik minat siswa sehingga pembelajaran tidak monoton," jelas lagi.

Plt Kepala Sekolah SMP 1 Rengat, M Nasir mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa dan bapak/ibu dosen yang telah hadir pada hari ini untuk memberikan pelatihan media pembelajaran berbasis digital.

"Kami berterima kasih atas kehadiran rombongan pendidikan kimia dan mohon maaf jika ada kekurangan dalam penyambutan," ucapnya.

Nasir mengimbau kepada peserta pelatihan agar mengikuti pelatihan dengan sebaik-baiknya karena ini berguna bagi tenaga pengajar dalam membuat media pembelajaran digital di saat sekarang ini.

Pelatihan media pembelajaran berbasis digital berlangsung dengan lancar, hal ini terlihat dari antuasiame guru yang mengikuti pelatihan dan aktif bertanya. Mereka juga berharap bisa latihan tentang media ini lebih lanjut untuk digunakan dalam pembelajaran luring.

Penulis: Novia Wanda


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar