Daerah

Ular Sanca Bersarang di Plafon Rumah Warga Pekanbaru

Tim Damkar saat mengevakuasi ular diatas plafon rumah warga

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Dua ekor ular sanca bersarang di atas plafon rumah warga Jalan Bahana, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau.

Keberadaan ular tersebut membuat penghuni rumah takut. Pasalnya dua ekor ular sanca tersebut muncul di plafon kamar mandi rumahnya sepanjang 2,5-3 meter.

Rahmad, Wakil Komandan Rescue Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Pekanbaru, mengatakan ular sanca yang bersarang di plafon rumah warga itu sejak 2 pekan terkahir. 

"Warga ini mengaku sudah 2 pekan ular itu di atap rumah mereka. Tepatnya di plafon kamar mandi," ucap Rachmad saat dimintai konfirmasi, Jumat (22/10/2021).

Sanca bermotif batik itu, diketahui berada di plafon saat pemilik rumah mandi. Bahkan terlihat sempat ada 2 ekor ular sanca muncul dari plafon.

Merasa khawatir, pemilik rumah akhirnya malaporkan kemunculan ular dan laporan diterima petugas Damkar. Selanjutnya, tim melakukan evakuasi sekitar pukul 07.30 Wib pagi tadi.

"Ada dua ekor, tapi yang dapat satu ekor. Dia punya ruang jalan ular di plafon dan yang di sebelah itu gypsum, tak bisa kita bobol. Panjangnya 2,5 meter," katanya.

Petugas memberikan solusi pada pemilik rumah untuk melaporkan lagi bila ular itu muncul. Mengingat ada lubang di tembok yang jadi akses ular masuk dan bersarang.

"Kita kasih solusi, kalau keluar muncul lagi baru kita evakuasi. Jadi dekat tembok ada lobang dan dari lobang itu akses pindah ke tempat lain," kata Rahmad.

Rahmad memastikan plafon rumah warga Jalan Bahana tersebut sudah jadi sarang ular sanca. Sebab di lokasi ditemukan ada sisik bekas ular berganti kulit.

Selanjutnya ular dibawa ke kantor Damkar setelah dievakuasi. Ular itu nantinya akan dilepasliarkan ke habitat aslinya.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar