Nasional

DPR Dapat Predikat Badan Publik Informatif, Puan: Bukti Keterbukaan Parlemen

Ketua DPR Puan Maharani.

JAKARTA - DPR RI meraih penghargaan sebagai Badan Publik Informatif dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021 dari Komisi Informasi Pusat (KIP). Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan pencapaian ini sebagai wujud nyata DPR bekerja secara terbuka kepada rakyat.

“Terima kasih atas anugerah yang diberikan Komisi Informasi Pusat untuk DPR RI sebagai Badan Publik Informatif. Ini bukti dari keterbukaan parlemen yang menjadi prinsip kami dalam bekerja,” kata Puan, Rabu (27/10/2021). 

DPR RI mendapat predikat Badan Publik Informatif dengan nilai 96,52 dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik yang digelar pada Selasa (26/10) lalu. Sejak dilantik pada 2019, Puan telah menegaskan ingin mewujudkan parlemen yang modern dan terbuka.

“Selain agar menjadi parlemen modern, kami terus berupaya menjadikan DPR sebagai rumah rakyat yang terbuka dan aspiratif. Ini sebagai bentuk transparansi kami kepada masyarakat,” ucap perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Menurut Puan, dibutuhkan dukungan dari masyarakat untuk membangun parlemen yang modern dan terbuka. DPR RI juga terus berupaya memberikan informasi pada setiap kegiatan kepada publik yang sejalan dengan teknologi informasi.

“Ada beragam sarana yang kami buat supaya masyarakat dapat mengakses informasi dengan cepat terkait DPR. Kita punya sejumlah platform pelayanan informasi yang memudahkan keterlibatan masyarakat, seperti SILEG, SIAR, SIMAS PUU,” papar Puan.

Mantan Menko PMK itu pun menyebut, keterbukaan parlemen merupakan bentuk tanggung jawab DPR sebagai lembaga yang mengusulkan UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP). Puan menegaskan komitmennya yang ingin menjadikan DPR sebagai rumah rakyat sesungguhnya. 

“Kami akan selalu terbuka terhadap setiap aspirasi dan masukan dari masyarakat. DPR terus mendorong terciptanya partisipasi publik agar kinerja kami dapat betul-betul dirasakan rakyat,” ungkapnya.

Puan mengatakan, penghargaan sebagai Badan Publik Informatif dari KIP akan menambah semangat DPR untuk semakin terbuka dalam bekerja. 

“DPR akan selalu menjaga kepercayaan rakyat dan secara terbuka terus menunjukkan kerja keras dan cerdas yang penuh dedikasi tinggi dalam menjalankan fungsi dan peran DPR guna memenuhi aspirasi dan harapan rakyat,” tutup Puan.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar