Nasional

Komisi IX DPR RI Respons Positif Pernyataan Ketua PBNU Tentang Vaksin Halal

Wakil Komisi IX DPR RI Melkiades Laka Lena. (Dok.dpr.co.id)

JAKARTA - Wakil Komisi IX DPR RI Melkiades Laka Lena langsung memberikan respon positif terhadap pernyataan Ketua PBNU Haji Said Aqil Sirajd tentang vaksin halal.

Melkiades Laka Lena meminta Menteri Kesehatan RI untuk mengambil langkah kebijakan secepatnya untuk penggunaan Vaksin yang halal dan bersih bagi umat Muslim dalam vaksinasi Booster yang rencananya akan dimulai pada awal Januari 2022.

Melki politisi partai Golkar menyampaikan bahwa kepentingan Umat Muslim di Indonesia harus benar-benar diperhatikan dan dilindungi, apalagi saat ini sudah tersedia Vaksin Covid 19 yang sudah memiliki sertifikat 100% halal dan Bersih. Tentu ini merupakan hasil pemeriksaan yang dikakukan MUI.

Masih menurut Melki bahwa saat ini ada 2 merek Vaksin Covid 19 yang sudah mendapatkan sertifikat 100% Halal dan Bersih dari MUI dan sudah mendapatkan ijin EUA dari Badan POM RI serta sudah lulus uji Klinis untuk vaksin Booster, yaitu Sinovac dan Zivifax. 

Kedua Vaksin ini juga sdh dapat diproduksi dalam negeri, Sinovac di Pabrik Biofarma dengan kapasitas 240 juta dosis per tahun dan Zifivax diproduksi di PT Biotis Pharmaceuticas Indonesia dengan kapasitas Produksi 360 juta dosis per tahun. 

Apabila pemerintah benar-benar mau mengoptimalkan penggunaan vaksin yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia yang mayoritas Muslim, maka cukup menggunakan 2 merek ini, sekaligus memanfaatkan produksi dalam negeri vaksin nusantara dan vaksin merah putih untuk booster masyarakat Indonesia. 

Vaksin impor yg kategori halal dan vaksin dalam negeri bisa dipakai oleh semua kalangan dengan berbagai latar belakang sedangkan vaksin Covid 19 merek lain yang tidak halal bisa digunakan dan diberikan kepada masyarakat Non Muslim, sehingga penggunaan vaksin dilakukan sesuai dengan kondisi dan keyakinan dan tidak menimbulkan kecemasan baru didalam masyarakat. 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar