Pendidikan

Mahasiswa KKN UNRI Sosialisasi Pembuatan Kompos Berbasis MoL di Desa Tanah Merah

Foto bersama usai melaksanakan sosialisasi pengolahan sampah menjadi pupuk organik kepada Bank Sampah BUMDes Tengah Merah.

GAGASANRIAU.COM, KAMPAR - Desa Tanah Merah memiliki Bank Sampah dikelola dan dikembangkan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), namun pengolahan sampah tersebut tidak sepenuhnya dimanfaatkan secara keseluruhan.

Maka dari itu, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Riau (UNRI) memberikan gagasan berupa pengelolaan sampah organik menjadi pupuk kompos dengan bantuan aktivator dari mikroorganisme lokal (MoL).

Hal tersebut disampaikan Ketua KKN, Qosim, dimana sebelumnya BUMDes masih terbatas dalam pengolahan sampah, seperti botol dan plastik sedangkan sampah organik langsung menuju tempat pembuangan tanpa pengolahan lebih lanjut. 

"Maka dari itu kami dari mahasiswa melakukan sosialisasi kepada pihak Bank Sampah BUMDes dan pihak Desa Tanah Merah mengenai cara pembuatan pupuk kompos dan pembuatan aktivator MoL," kata Qosim, Sabtu (6/8).

Selain melaksanakan sosialisasi mengenai pupuk pembuatan kompos, mahasiswa KKN telah melaksanakan penanaman bibit pohon di beberapa titik di Desa Tanah Merah, seperti SD 016 Tanah Merah, SMP 06 Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

"Mahasiswi juga melakukan branding salah satu produk UMKM Desa Tanah Merah, melakukan sosialisasi mengenai stunting, dan sosialisasi perilaku hidup bersih di SD 016 Tanah Merah," sebutnya.

Qosim juga menyampaikan kegiatan lainnya penanaman tanaman obat keluarga (TOGA), pembuatan peta geopasial, dan pemanfaatan sampah anorganik.

Untuk diketahui, Mahasiswa KKN terdiri dari M. Abdullah Qosim sebagai ketua KKN bersama Ilmi Fajar Ramadhan, Fitra Ramadan, Latifah zahara, Dea Amanda, Fhatya Azzahra, Avilia Dayang Sari Marwan, Azura Husadha, Indriani wijayanti, dan Rizki Amelia sebagai anggota di bawah dosen pembimbing lapangan Tetty Marta Linda, PhD.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar