Daerah

Bagian Adm Pembangunan Setda Inhil Terapkan Inovasi SIMONA

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Bagian Adm Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau terapkan inovasi SIMONA (Sistem Informasi Monitoring Lapangan).

Aplikasi SIMONA tersebut untuk mempermudah kegiatan monitoring lapangan oleh tim yang diutus Setda Inhil dalam mengirim hasil monitoring kegiatan pembangunan di 20 kecamatan, 236 desa dan kelurahan se Indragiri Hilir.

"Aplikasi ini untuk mempermudah tim monitoring lapangan dalam menginput dokumen hasil monitoring," kata Kepala Bagian Adm Pembangunan Setda Inhil, Drs. H. Erwin, SE, ME, M.Si, Senin (15/6/2021).

Sebelum adanya aplikasi SIMONA, kegiatan monitoring masih menggunakan cara manual. Beberapa kendala yang dihadapi diantaranya, data kegiatan yang akan dicek di lapangan masih berupa hard copy atau dokumen yang banyak dan tebal sehingga menyulitkan tim membawa berkas.


"Ini merupakan kendala dalam menginventarisi data yang didapat. Sebelumnya foto dokumentasi disimpan di handphone tim masing-masing, sulit untuk dikumpulkan kembali," sebutnya.

Setelah adanya aplikasi SIMONA, memberikan kemudahan tim dalam melaksanakan monitoring dan evaluasi di lapangan. Data kegiatan telah tersimpan pada database secara online sehingga mudah untuk membuat laporan monitoring.

"Data dan dokumentasi pembangunan tersimpan di satu database yang dapat diakses melalui aplikasi SIMONA. Untuk melihat kegiatan pembangunan setelah mendapatkan link akses dari admin," terangnya.

Terkahir Erwin mengatakan, inovasi tersebut dalam rangka mensukseskan realisasi pembangunan di seluruh kecamatan, kelurahan dan desa se Indragiri Hilir, baik melalui anggaran DAK, APBN, APBD Kabupaten dan Provinsi serta DD dan ADD.

"Melalui monitoring ini kita dengan mudah melakukan pengawasan tim di lapangan," terangnya.

Seluruh data kegiatan yang akan di cek atau dimonitoring sudah tersimpan pada aplikasi sehingga pelaporan monitoring tepat waktu dan Pimpinan dapat langsung melihat kondisi kegiatan pembangunan di seluruh kecamatan.

"Pimpinan langsung bisa melihat kondisi kegiatan pembangunan, serta bisa melihat posisi atau keberadaan tim di lapangan dalam melakukan monitoring," lanjutnya.

"Hadirnya inovasi tersebut, pelaporan monitoring menjadi lebih efektif, efisien dan bisa diakses langsung secara cepat dan akurat, serta mengurangi kos anggaran." Tutupnya.

Klik: Berikut penjelasan aplikasi SIMONA

 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar