Pendidikan

Mahasiswa KKN UMRI Ciptakan Kesadaran Kesehatan Lingkungan di Desa Koto Tuo Barat

Foto bersama di Depan Kantor Desa

GAGASANRIAU.COM, KAMPAR - Dalam rangka menciptakan kesadaran kesehatan lingkungan di Desa Koto Tuo Barat, Kelompok Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) mengangkat tema program kerja desa tangguh lingkungan.

Sosialisasi itu berfokus pada kesadaran lingkungan dan tanggap bencana dalam bentuk sosialisasi mitigasi bencana atau peduli lingkungan hidup. Misalnya penanggulangan sampah, pencegahan kebakaran hutan, penghijauan, pembukaan lahan tanpa bakar, dll.

"Kami berupaya melakukan proses pengenalan kesehatan lingkungan untuk mencapai tujuan manfaat kesehatan secara menyeluruh bagi masyarakat," kata Ketua KKN UMRI didampingi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Fauzan Azim, S.Pd., M.Kom. 

sosialisasi tersebut digelar 31 Agustus 2022, kelompok Mahasiswa KKN UMRI memaparkan progam kerjanya yaitu mengangkat isu penggunaan plastik dan pengelolaan sampah yang baik dan benar untuk menciptakan lingkungan yang ramah dan sehat.

'Kelompok Mahasiswa memberikan pemahaman yang dikemas dalam bentuk kegiatan lokakarya yaitu penyuluhan terkait kesehatan lingkungan serta pelatihan pemanfaatan limbah rumah tangga bersama ibu-ibu PKK," terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Koto Tuo Barat, Rinaldi, S.Pd.I mengapresiasi kegiatan yang digelar mahasiswa KKN dalam mencarikan solusi pemanfaatan limbah rumah tangga untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat bertujuan menghindari berbagai penyakit.

“Tema yang diangkat oleh mahasiswa sudah bagus dan sesuai dengan permasalahan yang sedang dihadapi masyarakat di desa Koto Tuo Barat” ungkapnya.

Komitmen kuat dari dalam diri masing-masing masyarakat di satu lingkungan tersebut menjadi proses awal yang harus dibangun.

Rinaldi berharap dengan progam kerja ini, Kelompok KKN UMRI dapat membantu membangkitkan kesadaran masyarakat di Desa Koto Tuo Barat untuk lebih bijak dan terampil dalam mengelola sampah dan penggunaan plastik. 

Adapun salah satu output unggulan dari program kerja kelompok KKN UMRI di desa Koto Tuo Barat adalah pembuatan ECO-Pollibag dari pelepah pohon pisang.

Sesuai dengan tema pemanfaatan limbah dan penanggulangan penggunaan plastik, kelompok KKN UMRI berinovasi membuat pollibag tumbuhan dari tumbuhan juga, dengan tujuan pengurangan limbah plastik dan memudahkan penggunaan limbah yang ada di sekitar lingkungan rumah masyarakat.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar