Daerah

Akan Diresmikan, Kadis PUTR Tinjau Jembatan Air Hitam

Kadis PUTR Rohil Asnar SP MSi saat meninjau Jembatan Air Hitam, Pujud.

GAGASANRIAU.COM, BAGANSIAPIAPI- Jembatan Air Hitam merupakan jembatan kebanggaan masyarakat Pujud, terkabar akan diresmikan dalam waktu dekat ini oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP.

Untuk memastikan kondisi di lapangan, Kadis Pekerjaan Umum Tata Ruang (PUTR) Rohil Asnar SP MSi bersama rombongan melakukan peninjauan, Selasa (9/5) petang.

Jembatan dengan lebar 7 meter dan panjang 140 meter ini dibangun dengan anggaran APBD Rohil tahun 2022 lalu senilai
Rp 31,6 miliar.

Masyarakat Air Hitam Erfan, saat melintas menyebut syukur atas dibangunnya jembatan tersebut. Terlebih, jembatan ini bakal menjadi akses penting bagi seribuan kepala keluarga (KK) masyarakat di Kepenghuluan Air Hitam.

"Alhamdulillah sudah selesai dibangun. Ya, kami sangat berterima kasih kepada pemerintah daerah. Sebelumnya susah sekali untuk menyebrang. Lewat air menggunakan pompong memakan waktu selama 2 jam, sekarang satu jam kurang sudah sampai naik motor," kata Erfan dengan logat daerahnya.

Ditambahkan warga lainnya, Roma bersama istri, bahwa pembangunan jembatan itu sejak puluhan tahun diidamkan. Telah banyak berganti bupati baru di jaman Bupati Afrizal Sintong SIP dapat terwujud.

"Sonang ati, kami ingin bolo jalan, walau jembatan sudah ado, tapi jalan masih ado yang banjir jadi belum bisa maksimal. Terima kasih pak bupati, selama pak bupati Afrizal Sintong baru dibangun, padahal sudah banyak bupati sebelumnya," ujar Roma dengan dialek Melayu Pujud.

Sementara itu Kadis PUTR Rohil, Asnar mengatakan, jembatan ini selesai dibangun Tahun 2022 dan dalam waktu dekat ini rencana akan diresmikan oleh Bupati.

Dibeberkan Asnar, bahwa sudah 74 tahun ini masyarakat mendambakan pembangunan jembatan tersebut, kendati baru kali inilah jembatan baru selesai pada masa bupati Afrizal Sintong.

"Ini sudah sesuai dengan visi misi pak bupati, membuka keterisoliran. Insya Allah beliau akan meresmikan jembatan ini. Dengan diresmikannya jembatan ini tentunya akan meningkatkan pendapatan petani," kata Asnar.

Lebih lanjut, selama ini masyarakat biasanya lewat menggunakan pompong sekarang sudah bisa langsung bawa kendaraan roda dua.

Ke depan katanya, pihaknya akan menambah alokasi pembangunan jalan di pangkal hingga ujung jembatan Air Hitam. Sehingga semua aspek kebutuhan masyarakat nantinya terpenuhi. Untuk itu, pihaknya memohon doa dan dukungan semua pihak semoga anggaran tahun depan bisa bertambah.

"Jika akses ini semua sudah terbuka, maka Jembatan Air Hitam ini menjadi akses penghubung antar Kabupaten Rohil dengan Rohul. Bahkan dua jam sudah tembus. Insya Allah, semoga terlaksana," tutup Asnar. 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar