Daerah

4 Orang Jurnalis Televisi Asal Rohil Dinyatakan Lulus UKJ dan Berkompeten

Foto bersama usai mengikuti UKJ di Hotel Pengeran Pekanbaru

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Sebanyak 4 orang peserta asal Kabupaten Rokan Hilir dinyatakan lulus setelah mengikuti Ujian Kompetensi Jurnalis Televisi atau UKJ Tv.

UKJ tersebut dilaksanakan oleh Dewan Pers bekerjasama dengan Pengurus Daerah Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia atau Pengda IJTI Riau, di hotel Pangeran Pekanbaru.

Ujian digelar selama dua hari mulai dari 23 hingga 24 Juni kemaren. Apapun Jurnalis televisi asal Rohil yang telah dinyatakan lulus dan berkompeten diantaranya Suryadiningrat dari media TVRI dengan tingkatan jenjang muda di bidang reporter.

Selanjutnya Khairulman dari media Riau Tv dengan tingkatan jenjang muda dengan bidang reporter, Julius dari media Riau Tv tingkatan jenjang muda di bidang reporter serta Putra Ziko Utomo dengan tingkatan jenjang muda di bidang kameramen.

Kelulusan tersebut tidak secara ujub ujub didapat melainkan melewati serangkaian tes tentang aturan dalam dunia jurnalistik. Mereka diuji langsung dari tim penguji yang berasal dari Dewan Pers dan ijti pusat.

Seorang jurnalis Riau tv asal Rohil, Julius, mengucapkan terimakasih kepada dewan pers dan pengurus Daerah IJTI Riau yang telah menggelar ujian kompetensi jurnalis ini.

"Saya bersama teman yang lain khususnya yang dari Rohil mengucapkan terima kasih karena telah diberi kesempatan untuk ikut dalam ukj tv ini. Alhamdulillah kami lulus dan dinyatakan jurnalis yang berkompeten, tentunya ini akan menjadi bekal kami untuk menjadi jurnalis yang lebih professional lagi kedepan,"ungkapnya.

Sementara itu Ketua Pengurus Daerah atau Pengda IJTI Riau  Rusdiyanto mengatakan ukj yang di laksanakan di provinsi Riau kali ini di fasilitasi oleh dewan pers, di mana ukj  ini merupakan yang kedua kalinya di laksanakan ijti pengda Riau.

"kegiatan ukj tv ini  sepenuhnya di fasilitasi oleh dewan pers, ukj tv ini yang kedua kali dilakukan oleh pengda IJTI riau, untuk peserta ada yang dari jurnalis televisi lokal maupun nasional yang ada di provinsi Riau,"sebutnya.

Jurnalis senior dan juga sekaligus satu satunya penguji jurnalis televisi di sumatera ini menyebutkan bahwa ukj sangat penting bagi para jurnalis terutama jurnalis televisi karena dengan ukj bisa memberikan standarisasi, agar bekerja dengan profesional dan tetap menjunjung integritas.

"Ukj ini sangat penting bagi setiap insan jurnalis televisi sebab dengan berkompetennya jurnalis tersebut maka dia akan mampu menerapkan standarisasi dalam melaksanakan tugas jurnalistik secara professional dan berintegritas,"sebutnya

Pria yang akrab disapa dengan Anto badai itu berharap dengan telah mengikuti ukj jurnalis televisi mampu bekerja dengan baik, Patuh terhadap kode etik jurnalistik dan P3SPS.

"Saya berharap kepada teman teman yang sudah mengikuti ukj ini, kedepannya jurnalis televisi yang ada di riau bisa bekerja dengan lebih baik lagi dan patuh terhadap kode etik jurnalistik serta P3SPS dalam melahirkan karya jurnalistik agar kepentingan publik tidak tercedrai,"tutupnya.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar