Daerah

DKPP Rohil Gencar Lakukan Vaksinasi Rabies

Petugas medis tengah menyuntikkan vaksin ke hewan peliharaan anjing.

GAGASANRIAU.COM, BAGANSIAPIAPI - Dalam rangka mempertahankan status nihil rabies di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Rohil gencar melakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan.

Dikatakan Kepala DKPP Rohil Aldi, saat ini pihaknya melalui petugas medis dan dokter hewan sudah melaksanakan vaksinasi rabies di seluruh wilayah Rohil, khususnya bagi wilayah yang padat penduduk.

"Kita sudah melaksanakan vaksinasi di lapangan itu kurang hampir 1000 dosis, dan kita minta lagi dari provinsi sekitar 1000 lagi.  Karena masalah rabies ini menjadi perhatian pemerintah. Karena ini sifatnya itu bisa menular," katanya.

Sejauh ini vaksinasi terhadap hewan peliharaan terus dilakukan, khususnya hewan anjing, monyet dan lainnya. Aldi menyebutkan, ada beberapa kecamatan yang dengan populasi hewan peliharaannya cukup banyak.

Kemudian bagi kecamatan yang padat penduduknya yang memiliki hewan peliharaan, pihaknya DKPP Rohil menghimbau kepada seluruh yang memiliki hewan peliharaan untuk lebih memperhatikan hewan peliharaannya dan  seandainya ada suatu gejala atau kondisi hewan peliharaannya mengarah ke rabies silahkan konsultasi ke dokter hewan terdekat.

"Vaksin kita lakukan tersebar di 18 kecamatan, ada beberapa tenaga para medis dan dokter hewan. Sekarang juga masih terus dilakukan. Alhamdulillah sejauh ini masih nihil," pungkas Aldi. 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar