Daerah

Diskominfo Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Penggunaan Aplikasi Romantik dan Penginputan DSSD pada E-Walidata SIPD-RI

GAGASANRIAU.COM, BAGANSIAPIAPI - Bagansiapiapi- Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melalui Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Diskominfotiks) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Penggunaan Aplikasi Romantik dan Penginputan Data Statistik Sektoral Daerah (DSSD) pada E- Walidata SIPD - RI.

Bimtek ini di buka secara resmi Kadis Kominfotiks Rohil Indra Gunawan,SE,MH, Dihari diri Kabit Statistik Darmawati, SH MH, Kabit IKP, serta Perwakilan dari seluruh OPD di lingkungan Pemkab Rohil khusunya bagi operator penginput di masing masing OPD di Hotel Kesuma, Rabu (23/8/2023)  Bagansiapiapi.

Kadis Kominfo Rohil Indra Gunawan Mengatakan Bimtek ini di laksanakan untuk meningkatkan kualitas data lintas sektoral di ruang lingkup OPD se Rokan Hilir agar kredibel dan dapat di pertanggung jawabkan.

" Alhamdulillah hari ini kami dari Diskominfotik menyelenggarakan bimtek Peningkatan Kapasitas Penggunaan Aplikasi Romantik dan Penginputan Data Statistik Sektoral Daerah (DSSD) pada E- Walidata SIPD, Bimtek ini di laksanakan untuk meningkatkan kualitas data lintas sektoral lebih kredibel dan dapat di pertanggung jawabkan,"Katanya.

Jadi aplikasi romantik ini sendiri Lanjut Kadis, merupakan aplikasi yang di kembangkan badan pusat statistik (BPS) dan aplikasi ini juga berisi rekomendasi dari BPS melalui kolaborasi dengan Kominfo agar data  tersebut mendapatkan saran dan masukan dari pusat statistik itu sendiri.

Selain itu Indra juga menjelaskan untuk data sektoral di OPD, diskominfo sudah melakukan berbagai upaya termasuk melakukan kunjungan ke OPD dan sosialisasi

"Makanya kegiatan bimtek hari ini merupakan salah satu bentuk muara dari kegiatan sebelumnya, kedepannya nanti data yang ada diruang lingkup OPD dapat dipertanggung jawabkan agar terukur sesuai pokok dan fungsi masing masing OPD," Jelasnya.

Sementara itu Kabit Statistik Diskominfo Rohil Darmawati, SH MH, menjelaskan bimtek ini memang kami pandang perlu terkait dengan Penginputan data, supaya data data sektoral OPD terhimpun dalam SIPD yang terkoneksi langsung kementrian.

Selain itu Bimtek SIPD dan rekomendasi statistik atau aplikasi romantik di tentukan oleh BPS artinya setiap kegiatan statistik di OPD harus mendapat rekomendasi dari BPS sendiri.

"Jadi kegiatan nya dapat terarah dan kita tau metode pendataannya dan itu tidak terlepas dari peran Kominfo sebagai Walidata untuk melakukan pemeriksaan bersama BPS, Karena hal ini juga meningkatkan indikator kinerja kepala daerah terutama laporan penyelenggara pemerintah daerah setiap tahun,"Pungkasnya.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar