Daerah

Perayaan HUT KKSS Riau ke-47 Sukses Digelar di Tembilahan

Foto bersama usai menggelar syukuran HUT Demokrat Riau ke 21 di Hotel Arya Duta Jalan Diponegoro Pekanbaru, Jumat (09/09/2022).

GAGASANRIAU.COM, TEMBILAHAN - Rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) ke-47 tahun 2023 diisikan dengan acara syukuran dihadiri ratusan masyarakat berdarah Bugis serta para tokoh Indragiri Hilir (Inhil).

Syukuran yang digelar oleh Badan Pengurus Wilayah (BPW) KKSS Provinsi Riau ini dipusatkan di Aula Hotel TOP 5 Kota Tembilahan pada Minggu, (03/12/2023) malam, yang mengusung tema KKSS Untuk Indonesia Harmoni. 

Setelah berdoa bersama, acara tersebut diisi dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua BPW KKSS Riau, Andi Darma Taufik, sebagai tanda syukur atas perjalanan paguyuban KKSS dalam bentang usia 47 tahun.

Dalam suasana yang penuh khidmat dan dibarengi dengan do'a bersama untuk Pemilu damai tersebut diharapkan warga KKSS semakin karib, solid dan menjaga harmoni serta kesejukan dalam menghadapi tahun politik.

“Kita patut bersyukur dalam usia yang cukup matang KKSS masih berdiri tegak menjadi Rumah besar bagi warga Sulsel di perantauan," kata Andi Darma Taufik yang disapa ADT.

ADT berharap dengan momentum HUT KKSS ini warga Sulsel diseluruh posok tanah melayu Riau tetap menjaga kekeluargaan dan persaudaraan dalam bingkai KKSS.

Ditambahkan oleh ADT, perayaan HUT KKSS ke-47 Tahun 2023 menjadi spesial karena untuk pertama kali perayaan HUT KKSS di Provinsi Riau dilaksanakan di Kota Tembilahan Indragiri Hilir sebagai tuan rumah.

"Mulai tahun ini perayaan HUT KKSS di Provinsi Riau akan dilaksanakan secara bergantian di kabupaten/kota yang berbeda, tahun ini kita laksanakan di Kota Tembilahan dan insya-Allah tahun depan akan kita laksanakan di Kota Dumai," ucapnya.

Senada, Penjabat Bupati Indragiri Hilir yang diwakili oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Inhil, Junaidi Ismail mengharapkan warga KKSS yang berada di seluruh pelosok Negeri Seribu Jembatan agar tetap menjaga persatuan dan kebersamaan dengan seluruh warga Indragiri Hilir lainnya.

"Jika kita membaca sejarah suku bugis di Inhil, suku bugis ini bukan lagi sebagai warga pendatang melainkan sudah menjadi warga tempatan karena nenek moyang kita dari sulawesi selatan dulu telah menjadi satu keluarga dengan kerajaan melayu di Bumi Lancang Kuning, sebagaimana sejarah mengatakan bahwa Raja Ali Haji merupakan cucu dari Daeng Celak," papar Junaidi.

Harmoni Tahun Politik

Ketua BPW KKSS Riau Andi Darma Taufik dalam sambutannya mengajak warga KKSS agar terus menjaga harmoni sebagaimana tema HUT ke 47 KKSS yang didasari atas rentannya gesekan di tahun politik. 

“Saya harapkan semua warga dan pengurus KKSS di seluruh pelosok Bumi Lancang Kuning untuk menyampaikan pentingnya harmoni. Jangan sampai terjadi disharmoni di antara warga KKSS,” ucap ADT mengingatkan.

Sebab, lanjut ADT, KKSS besar karena harmoni, selain tolong menolong dan gotong royong. sekalipun kita berbeda-beda warna dan pilihan tapi kita tetap bersatu dalam Rumah Besar Kita yaitu KKSS.

Adapun Ketua Panitia Lukman Adi melaporkan bahwa Rangkaian Kegiatan perayaan HUT KKSS Ke 47 telah dimulai sejak 18 November 2023 yang dimulai dengan perlombaan Domino, kemudian disusul dengan lomba Mewarnai bagi anak-anak dan dilanjutkan dengan perlombaan Badminton serta Futsal.

"Puncaknya adalah pagi hari tadi kita telah melaksanakan Jalan Santai dengan berbagai macam hadiah dan doorprize dan malam ini kita tutup dengan malam resepsi yang dibalut dengan Doa bersama untuk Pemilu Damai,"

"Kami dari panitia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak donatur dan seluruh warga KKSS yang telah ikut serta mensukseskan acara HUT KKSS Ke-47 Tahun 2023 ini," lanjurnya.

Lukman juga mengapresiasi kinerja panitia yang telah bekerja keras mensukseskan acara ini.

Di sela-sela acara Ketua BPW KKSS Riau menyerahkan bantuan untuk pengembangan Pondok Tahfidz Binaan Badan Pengurus Daerah (BPD) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Indragiri Hilir.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar