Daerah

Permudah Pengelolaan Sampah, DLH Rohil Luncurkan Aplikasi 'Apo Kesah'

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Rohil, Suwandi SSos

GAGASANRIAU.COM, ROHIL - Untuk mempermudah masyarakat dalam mengelola sampah, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir melalui Dinas lingkungan hidup Kabupaten Rokan Hilir meluncurkan aplikasi dengan nama" Apo Kesah".

Peluncuran aplikasi tersebut dilaksanakan di Aula Kantor DLH Rohil, Jalan Lintas perkantoran Batu Enam, Jumat(29/12/2023), dihadiri Kepala DLH Rohil Suwandi SSos didampingi Sekretaris Dlh Rohil dan Kabid, dan PTT Pengawas Kebersihan dan Taman.

Dalam kesempatan ini Kepala Dinas Lingkungan Hidup Rohil Suwandi SSos menyampaikan bahwa aplikasi Apo Kesah diharapkan kedepannya pengelolaan sampah di kabupaten Rokan Hilir bisa berjalan dengan maksimal dan sesuai aturan.

"Hari ini kami launching aplikasi yang nantinya bisa digunakan oleh masyarakat luas. Aplikasi ini kami namakan dengan nama "Apokesah" yaitu aplikasi lapor kelola sampah," kata Suwandi.

Suwandi memaparkan, dengan adanya aplikasi tersebut pengelolaan sampah di Rohil bisa berjalan dengan maksimal dan sesuai dengan aturan.

"Apabila masyarakat ada menemukan sampah yang tidak dikelola, baik itu mungkin paritnya yang kotor dan fasilitas umum itu banyak sampah dan sebagainya, itu bisa menggunakan aplikasi," ucap.

DLH sudah menyampaikan kepada pihak konsultan yang mengembangkan aplikasi ini agar memudahkan masyarakat, agar bisa di download di play store, sehingga kedepan aplikasi ini bisa digunakan oleh masyarakat termasuk pemerintah daerah.

Sementara itu, Konsultan (Teknologi Informasi (TI)  Aplikasi Apo Kesah  Dinas lingkungan hidup Rohil Adi didampingi Dian Larasati menjelaskan bahwa Aplikasi Apo Kesah tersebut tujuannya adalah untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses sarana -sarana, Seperti Bank'Sampah, TPA dan TPS.

"Apo kesah ini tujuannya adalah untuk menjembatani antara Dinas lingkungan hidup dengan masyarakat tentang adanya pengaduan dari masyarakat tentang informasi sarana Fasilitas, kemudian informasi pengepul, jadi masyarakat kalau ada sampah dirumah mungkin masih bisa dijual ,jadi dia punya informasi pengepul," Ujarnya. 

Lanjut Adi, intinya masyarakat lebih mudah untuk mengakses sarana -sarana seperti bank sampah, TPA dan TPS, karena APO kesah ini nanti bisa diakses dan nanti kami akan upload di play store mobile , dan nanti kita buat barkode dlhnya, dan Nanti bisa diakses oleh masyarakat.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar