Lingkungan

Pondasi Jembatan Desa Lahang Hulu Terhentak Hambat Perekonomian Petani

GAGASANRIAU.COM, GAUNG - Satu unit jembatan yang menjadi akses perekonomian Masyarakat di Desa Lahang Hulu, Kecamatan Gaung, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau mengalami kerusakan.

Jembatan tua penghubung antar dusun yang berpondasi permanen dan berkandang besi itu terturun atau terhentak ke bawah membuat Masyarakat was-was saat melintas.

"Pondasi jembatan terhentak ke bawah kurang lebih 70 centimeter," kata Masyarakat setempat, Muhklas, Minggu (21/01/2024).

Muhklas menuturkan, dengan terturunnya bangunan jembata itu membuat masyarakat yang mengangkut hasil perkebunan lewat jalur sungai terkendala.

"Ketika air pasang, jarak permukan air dengan jembatan tidak bisa dilewati oleh kapal atau motor besar," ungkapnya.

Kepada Desa Lahang Hulu, Supeno, mengungkapkan bahwa jembatan sepanjang 75 Meter tersebut memang sudah termakan usia. Kini kondisinya terturun menghambat aktivitas lalu lalang kapal pengangkut hasil pertanian.

"Rusaknya jembatan tersebut berdampak kepada aktivitas perekonomian Petani, sebab jalur sungai ini jalur mengangkut hasil perkebunan," terangnya.

Untuk itu Supeno berharap kepada Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten untuk menganggarkan pembangunan jembatan tersebut, karena anggaran desa tidak mampu merealisasikan pembangunan jembatan panjang itu.

"Harapan kami semoga dianggarkan oleh pemerintah. Kami tidak mampu membangun jembatan panjang ini." Harapnya.

 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar