Daerah

Membanggakan, Rumah Tamadun Ikuti Kegiatan NEXT di Bali

Dirut IKM Rumah Tamaddun Hendra Dermawan SPd foto bersama coach dan peserta NEXT yang di taja Kementrian Perdagangan RI di Bali

GAGASANRIAU.COM, BAGANSIAPIAPI -  IKM  Rumah Tamadun menjadi satu satunya pelaku UMKM asal Rokan Hilir yang mengikuti kegiatan NEXT (New Export BreakTrough) yang di gagas oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

NEXT merupakan program pembinaan pelaku usaha perkebunan agar dapat menembus pasar ekspor. Program tersebut menjadi upaya kolaboratif pemerintah dan pemangku kepentingan untuk meningkatkan ekspor produk perkebunan. Kegiatan tersebut berlangsung di Bali sejak tanggal 29 April hingga 2 Mei 2024.  

"Kegiatan ini  diadakan oleh kementerian perdagangan untuk seluruh Indonesia bagi pelaku usaha, yang dibina untuk siap ekspor.  Maka diseleksi lah seluruh Indonesia dan terpilih 90 orang kemudian lagi diadakan kurasi untuk menuju 30 orang. Alhamdulillah untuk di Rohil saya yang terpilih, dan dari Riau 2 orang. Kegiatan ini sangat bergengsi karena di seleksi langsung oleh kementrian perdagangan," terang Direktur Utama IKM Rumah Tamadun Hendra Dermawan SPd melalui telepon selulernya, Selasa (3/5).

Hendra mengatakan,  dari kegiatan ini nantinya diharapkan mampu melahirkan pelaku usaha yang memiliki produk unggulan daerah.

"Alhamdulillah, kegiatan ini sangat luar biasa.  Diadakan di dua tempat yaitu di Bali dan Bandung. Alhamdulillah rumah tamaddun terpilih untuk mengikuti kegiatan di Bali. Saat ini 
menunggu informasi untuk dibina selama setahun akan ada  30 UMKM terbaik," paparnya.

Tak sampai disitu saja, Hendra juga mengucapkan terimakasih untuk pihak pihak yang sudah mendukung keberangkatannya mengikuti kegiatan tersebut.

" Terimakasih kepada pihak yang sudah mensupport keberangkatan kami, yaitu PHR, Politeknik Negeri Bengkalis, BRKS Pusat, BUMD PD SPR (Sarana Pembangunan Rokan). Harapan saya, kegiatan ini mampu menjadi pemantik untuk pelaku UMKM lainnya agar mampu menciptakan produk terbaiknya  dan bersama sama membangun negeri," tutup Hendra.

Sebagai informasi, produk pertama yang dihasilkan oleh Rumah Tamadun adalah Tanjak. Tanjak yang dihasilkan merupannpertama di kabupaten Rokan Hilir lewat sebuah Gerakan Rohil Bertanjak yang dimulai tahun 2017. Seiring perkembangan perusaan, produk yang dihasilkan oleh Rumah Tamadun pun semakin bervariasi. Produk tersebut berupa pengolahan Limbah lidi sawit menjadi aneka kerajinan berupa Tas Lidi Sawit, Piring Lidi Sawit, Mangkok Lidi Sawit, dan aneka souvernir.

Beberapa prestasi yang diraih oleh IKM Rumah Tamadun diantaranya Juara 1 Adikriya Piala Gubernur Riau Tahun 2019 oleh Dinas Perindustrian Provinsi Riau, Peraih penghargaan Shiddakarya Tahun 2020 tingkat provinsi Riau, Kuala Lumpur Business Matching 2019, utusan Riau pameran ke Melaka dalam kegiata GCF 2019, Expor ke Macau dan Malaysia lewat PT Sarinah Jakarta, dan prestasi lainnya. 


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar