Daerah

Bawaslu Rokan Hilir Laksanakan Tes CAT Bagi Calon Panwascam Pilkada Tahun 2024

Ujian tertulis calon anggota Panwaslu Kecamatan dilaksanakan di Laboratorium Komputer SMAN 1 Bangko Bagansiapiapi.

GAGASANRIAU.COM, BAGANSIAPIAPI - Badan Pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Kabupaten Rokan Hilir laksanakan ujian tertulis seleksi menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) untuk calon anggota Panwaslu Kecamatan.

Ujian tertulis ini dilaksanakan  di Laboratorium Komputer SMAN 1 Bangko  Bagansiapiapi, merupakan tahap krusial dalam memastikan seleksi yang adil dan transparan dalam proses pemilihan pada Pilkada Serentak Tahun 2024.

Jumlah peserta yang mendaftar 79 yang lulus administrasi 77 orang, dua orang tidak lulus. Peserta yang seharusnya mengikuti tes tertulis CAT 77 orang, yang tidak hadir 9 orang.

Dalam pelaksanaannya, ujian CAT diikuti oleh sejumlah calon yang tersebar di 12 kecamatan yakni Sinaboi, Bangko, Pekaitan, Batu Hampar, Kubu, Kubu Babussalam, Pasir Limau Kapas, Tanah Putih Tanjung Melawan, Tanah Putih, Pujud, Bagan Sinembah dan Bagan Sinembah Raya. 

Anggota Bawaslu Rokan Hilir Koordinator Divisi SDMO dan Diklat, Dedi Syahputra Sibuea, menyatakan kepuasannya atas jalannya ujian CAT tersebut, prosedur dan pengawasan ketat dilakukan untuk memastikan integritas dan keadilan dalam pelaksanaan ujian tersebut.

"Kami telah berkomitmen untuk menjaga integritas dan transparansi dalam proses seleksi ini. Ujian CAT merupakan langkah penting untuk memastikan bahwa calon anggota yang terpilih memiliki kemampuan dan pemahaman terhadap regulasi yang sesuai dengan tuntutan jabatan," ujarnya.

Menurutnya setelah ujian selesai, hasilnya akan dievaluasi dengan cermat oleh panitia seleksi di Bawaslu RI, calon anggota yang memenuhi kriteria akan melanjutkan ke tahap seleksi berikutnya yakni wawancara yang akan dimulai dari tanggal 18 - 20 Mei 2024.

Proses seleksi yang transparan dan profesional adalah kunci dalam memastikan bahwa Panwaslu Kecamatan untuk tahapan Pilkada Serentak Tahun 2024 dapat menjalankan fungsi pengawasan dengan baik, sehingga nantinya memastikan proses pemilihan yang demokratis dan berintegritas dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan, ujar ayah 3 orang putra ini


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar