Daerah

Pelantikan 54 Anggota Panwascam, Bawaslu Rohul: Mulai Lakukan Tugas dan Koordinasi

Foto bersama usai pelantikan anggota Panwascam

GAGASANRIAU.COM, BAGANSIAPIAPI - Usai mengikuti serangkaian tes beberapa waktu lalu, akhirnya Bawaslu Rokan Hilir melantik 54 anggota panitia pengawas kecamatan (Panwascam) se kabupaten Rokan Hilir.

Setelah dilantik pada Sabtu (25/5) di Bagansiapiapi, panitia Panwascam Rohil terdiri dari 34 orang jalur exciting dan 20 orang pendaftar baru resmi mengemban tugas pada Pilkada 2024 ini.

"Sudah dilantik 54 Panwascam untuk persiapan pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur dan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Rohil," Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Nanang Wartono SH MH, Minggu  (26/5/2024).

Setelah dilantik anggota Panwascam untuk mengawasi tahapan sudah berjalan dimana dalam waktu dekat akan dilaksanakan pendataan data pemilih.

Panwascam yang baru dilantik agar berkoordinasi dengan stakeholder yang ada di Kecamatan masing-masing dan juga lakukan koordinasi  sektoral antara panwascam dan PPK untuk jalin koordinasi dengan baik. 

Menurutnya, setiap tahapan memiliki peluang terjadi pelanggaran sehingga pengawasan harus lebih baik lagi dan pengawas harus mengutamakan terlebih dahulu pencegahan dan sebelum melakukan tindakan.

"Selain itu,  tugas panwascam sesuai amanat undang-undang yaitu mengawasi seluruh tahapan Pilkada," sebutnya.

Rekrutmen seleksi Panwascam untuk Pilkada 2024 terbagi dua kategori peserta yaitu  existing mereka ini merupakan  peserta yang berasal dari anggota Panwaslu Kecamatan yang saat ini telah dan atau sedang melaksanakan tugas untuk pengawasan Pemilu Tahun 2024. 

"Kedua, Peserta Pendaftar Baru yaitu peserta yang tidak termasuk/bukan Anggota Panwaslu Kecamatan pada Pemilu Tahun 2024," terangnya.

Ditempat yang sama Ketua Bawaslu Rohil Zubaidah, SE mengatakan kegiatan pelantikan dan pembekalan hari ini dilaksanakan setelah melalui proses rekrutmen dan evaluasi.

Seleksi Panwascam dilakukan melalui dua tahap yakni jalur existing dan pendaftaran baru. Anggota panwascam yang evaluasi nya bagus pada pileg kemarin dan juga dari pendaftar baru. Karena ada beberapa kecamatan yang kosong.  

"Tentunya setelah dilantik panwascam dapat bekerja sesuai dengan perundang-undangan dan melakukan tugasnya dengan mengawasi perekrutan PPS yang besok dilantik, kemudian masuk tahapan pemuktahiran data," tuturnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri asisten III Sekdakab Rokan Hilir Ali Asfar, Polres Rokan Hilir, OPD, Tokoh masyarakat,partai politik dan juga stakeholder lainnya.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar