Daerah

Realisasikan Rencana Kapal RoRo di Inhil, Ini Upaya Haji Herman di Jakarta

Haji Herman saat kantor Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI di Jakarta, Selasa, (28/5/2024)

GAGASANRIAU.COM, JAKARTA – Penjabat (PJ) Bupati Kabupaten Indragiri Hilir, Haji Herman kunjungi kantor Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI di Jakarta guna menindaklanjuti rencana pengoperasian kapal RoRo (Roll On-Roll-Off) tujan Tembilahan-Batam.

Putra daerah asli Inhil yang kini menjabat sebagai Penjabat Bupati Inhil ini menyampaikan secara langsung rencana pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir kepada Kementrian Perhubungan RI untuk menghadirkan kapal RoRo di pelabuhan parit 21 tersebut.

Didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Inhil dan Kadis Perhubungan Inhil, Haji Herman langsung diterima oleh Kasubdit Direktorat Transportasi Sungai Pelabuhan dan Danau Prasarana (TSDP) Windy Susilawati dan Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Riau.

Saat melakukan pertemuan bersama Kementrian Perhubungan RI, Haji Herman memaparkan sejumlah rencana kerja pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) sebagai terobosan baru dalam mengoptimalkan potensi daerah yang dimiliki inhil kepada Kementrian Perhubungan RI.

"Tujuan dari Ekspose ini adalah untuk membuka konektivitas dan aksesibilitas antar daerah di Kabupaten Indragiri Hilir melalui tranportasi Sungai dan penyeberangan," kata Haji Herman.

Haji Herman menambahkan rencana pemerintah inhil tersebut guna mendukung perekonomian masyarakat inhil agar tumbuh dan berkembang serta dapat mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kabupaten indragiri hilir.

“Ada 2 (dua) hal tujuan yang ingin kita capai dalam kunjungan ini. Pertama untuk Menindaklanjuti ekspor hasil perkebunan termasuk kelapa. Kedua juga pelaksanaan penyeberangan memakai RoRo menuju rute  Batam begitu juga sebaliknya," lanjut Haji Herman.

Disebutkan Haji Herman, dalam pertemuan itu, pihak pemkab inhil telah menyampaikan hal tersebut kepada Kementrian Perhubungan RI agar rencana pemkab inhil segera di realisasikan.

"Kita harus membangun secepatnya dan kita berharap bantuan dari Kementrian Perhubungan RI terutama masalah pendanaan untuk pembangunan pelabuhan RoRo tersebut,” lanjutnya.

Selain itu pihak pemkab inhil juga telah melakukan komitmen bersama Kementrian Perhubungan RI terkait rencana pembangunan akses jalan  pelabuhan RoRo yang berada di kecamatan Pulau Burung.

"Kita harapkan di anggaran perubahan nanti sudah terbangun , serta kita upayakan pada saatnya nanti pelabuhan RoRo di kecamatan Pulau Burung tersebut bisa beroperasi serta akses jalan juga sudah siap karena ini salah satu komitmen kita kepada Kementrian Perhubungan RI.“ jelas Haji Herman.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar