Daerah

Berpakaian Adat Banjar, Pj Bupati Inhil Hadiri Apel Hari Lahir Pancasila Bersama Presiden RI

Pj Bupati Inhil, Haji Herman (mengenakan baju merah tanjak hitam). (Dok. Prokopim Inhil)

GAGASANRIAU.COM, DUMAI - Penjabat (Pj) Bupati Indragiri Hilir, Haji Herman, hadiri upacara bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024.

Tampak Haji Herman mengenal pakaian adat Banjar di Lapangan Garuda PHR Dumai di Blok Rokan, Kota Dumai, Provinsi Riau.

Upacara secara nasional itu dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sabtu (1/6/2024) sebagai inspektur upacara (irup).

Saat memberikan amanat, Presiden Joko Widodo mengatakan, bahwa jamin kekayaan negara sepenuhnya untuk kemakmuran rakyat.

"Kita harus aktif mengambil alih kembali aset-aset strategis bangsa. Kita kelola dan manfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat, kesejahteraan masyarakat,” kata Jokowi.

“Salah satunya adalah Blok Rokan di Riau ini, tempat yang kita pakai untuk upacara peringatan Hari Lahir Pancasila,” ungkapnya.

Presiden menambahkan, PT Freeport dan Blok Rokan hanyalah sedikit contoh dari semangat dan upaya Indonesia untuk kedaulatan politik dan kemandirian ekonomi guna mengamalkan Pancasila dalam kehidupan nyata.

Sementara itu Pj Bupati Inhil, Haji Herman, mengatakan Pancasila merupakan wadah pemersatu bangsa, oleh karena itu peringatan Hari Lahir Pancasila ini hendaknya menjadi momentum untuk memperkuat rasa gotong royong, solidaritas dan rasa persatuan.

"Khususnya untuk pembangunan disegala bidang dalam menopang kemajuan di Riau khususnya Kabupaten Indragiri Hilir," ucapnya

Seperti diketahui bahwa setiap tanggal 1 Juni, diselenggarakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara nasional oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Tahun ini upacara (1 Juni 2024) secara nasional pada tahun 2024 ini digelar di Kota Dumai.

Sebagai informasi, tahun ini peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 mengusung tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045’.

Peringatan ini sebagai bentuk Pancasila dalam tindakan dan pelaksanaan pengarusutamaan Pancasila sebagai panduan dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Upacara itu hadir Menteri ATR Agus Harimurti Yudhoyono, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Selain itu, terlihat ada Ketua MPR Bambang Soesaty.

Juga dihadiri Ketua DPD RI AA Lanyalla Mahmud Mattalitti, Kepala BIN Budi Gunawan, dan Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, Pj Gubernur dan Bupati walikota se-provinsi Riau serta undangan lainnya.


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar