Daerah

Pemprov Riau Optimis Akan Rebut Blok Siak

[caption id="attachment_5510" align="alignleft" width="192"]Emrizal Pakis. Asisten II Sekdaprov Riau Emrizal Pakis. Asisten II Sekdaprov Riau[/caption]

gagasanriau.com Pekanbaru - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau optimis akan merebut pengelolaan ladang minyak di Blok Siak yang akan berakhir pada November 2013 dengan PT. Chevron. Keyakinan tersebut didasari atas usaha maksimalnya usaha Pemprov dalam melakukan persiapan. Dan Pemprov sudah menyodorkan proposal pada Januari 2013 lalu. Hal tersebut ditegaskan Asisten  Bidang Pembangunan Ekonomi dan Kesra Setdarov Riau Emrizal Pakis kepada gagasanriau.com, Kamis (31/10) di kantor Gubernur.

"Saat ini proposal sudah berada di Kementerian Energi Sumber Daya Miniral (ESDM). Kita pasti optimis, usaha kita inikan bukan saat ini saja, tetapi sudah lama bahkan sebelum proposal itu kita serahkan ke Kemen ESDM lagi," sebutnya.

Ditambahkannya, Pemprov Riau sudah mengusulkan untuk mengelola Blok Siak tersebut melalui PT. Riau Pertoleum (RP). Namun PT Chevron Pacific Indonesia tentunya akan melanjutkan kontrak pengelolaan yang akan berakhir pada 27 November mendatang. Namun dirinya berharap semuanya masih berpeluang, termasuk RP sendiri.

Saat disinggung apakah RP tidak siap untuk mengelola, Emrizal membantah kalau Riau Petroleum tidak siap untuk mengelola ladang minyak Blok Siak. Menurutnya, BUMD dengan didorong pemerintah, pasti sudah mempersiapkan tenaga ahli, baik dalam hal perminyakan, mau pun sumber daya manusia lainya, termasuk peralatan.

Untuk pendanaan nantinya , Ekamaru adalah kontraktor yang sudah menyapakati kerja sama bersama RP dalam rencana pengelolaan minyak. Selain itu, BUMD Riau lainya juga sudah memperlihatkan usaha penggarapan ladang minyak lainya. Diharapkan, Kemen ESDM nantinya, akan memberikan pertibangan seperti diharapkan.

Eka Saputra


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar