Daerah

Hijaukan Alam Bersama Walhi Riau

[caption id="attachment_5649" align="alignleft" width="300"]Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI)[/caption]

gagasanriau.com, Pekanbaru - Sahabat Walhi Riau akan bagi-bagikan bibit pohon dan buah kepada masyarakat Riau di tempat acara car free day dimulai pukul 06.00 Wib Jalan Diponegoro Pekanbaru pada Minggu(3/11/2013 untuk  memperingati hari Sumpah Pemuda.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan adalah membagikan 500 bibit pohon dan buah ke masyarakat dan para Sahabat Walhi akan mendata para penerima bibit dimana bibit itu ditanam di areal pekarangan rumah masyarakat dan nantinya para Sahabat Walhi Riau akan melakukan kunjungan kerumah-kerumah penerima bibit untuk melakukan pengecekan apakah pohon yang ditanam itu dirawat oleh warga yang menerima bibit.

Menurut ketua pelaksana kegiatan Abdul hakim siswa SMK 2 Pekanbaru, “Melalui kegiatan donasi pohon ini juga akan mendekatkan hubungan Sahabat Walhi Riau dengan masyarakat dalam rangka meningkatkan partisipasi warga dalam menjaga lingkungan”ujarnya memaparkan.

Disamping kegiatan Pembagian bibit pohon dan buah para Sahabat Walhi Riau akan mengumpulkan sampah-sampah diareal car free day.

Sahabat Walhi Riau mulai mengkampayekan “Banyak Pohon, Banyak Manfaat”. Seperti kita tahu bahwa keberadaan pohon penunjang bagi kelangsungan mahkluk hidup di bumi, selain menghasilkan oksigen, pohon begitu banyak manfaat seperti penyimpan air, penahan erosi dan sedimentasi tanah, juga berjuta mahluk hidup baik itu terlihat maupun tidak tinggal di pohon.

“Seperti kita ketahui propinsi Riau merupakan salah satu propinsi yang angka kerusakan hutannya cukup tinggi dinegeri ini dan salah satu langkah nyata dalam mencegah kerusakan itu adalah partisiapasi warga dalam melakukan kegiatan memperbanyak jumlah pohon” begitu menurut Koordinator Sahabat Walhi Riau Dedi Admi Syahputra.

“Saat ini Walhi Riau bersama masyarakat di 5 desa Di Pulau Tebing Tinggi Timur Kabupaten Kepulauan Meranti sudah melaksanakan kegiatan pembibitan pohon-pohon asli hutan rawa gambut yang terdapat dihutan rawa gambut disana disana, dan diharapkan kegiatan pembibitan masyarakat itu bisa membantu untuk melakukan rehabilitasi hutan rawa gambutyang rusak di Kepulauan Meranti dan daerah gambut di pesisir timur pantai Sumatra” Menurut Riko Kurniawan Eksekutif Daerah Walhi Riau.

Rilis


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar