Daerah

Pejabat Gubernur Riau Optimis, Daerah Kelola Blok Siak

[caption id="attachment_7057" align="alignleft" width="300"]Ilustrasi Pengebor Minyak Ilustrasi Pengebor Minyak[/caption]

gagasanriau.com, Pekanbaru - Pemprov Riau terus mendesak pemerintah pusat agar pengelolaan Blok minyak Siak yang akan habis kontrak pada 27 November 2013 bisa dikelola oleh daerah. Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri yang kini sebagai Penjabat Gubernur Riau Djohermanysah Djohan di Pekanbaru, Senin (25/11/2013), mengatakan dirinya optimis Menteri ESDM akan mendengar keinginan daerah untuk mengelola Blok Siak secepatnya.

"Iyalah harus jatuh ke daerah. Empat bupati sudah sama pendapatnya, gubernur juga sudah oke dan regulasi juga mengamanatkan seperti itu," ujarnya.

Empat Bupati dari Kabupaten Kampar, Bengkalis, Rokan Hulu dan Rokan Hilir telah menyatakan akan memperjuangkan pengelolaan Blok Siak 100 persen dilakukan pemerintah daerah melalui BUMD.  Sebelumnya, Pemprov Riau menyatakan mendukung BUMD Riau Petroleum untuk mengelola Blok Siak yang akan habis kontraknya dari PT Chevron Pacific Indonesia pada 27 November nanti.

Ia mengatakan akan segera mendalami kesiapan BUMD untuk mengelola Blok Siak. Meski begitu, ia menilai peluang untuk mengelola Blok Siak jangan disia-siakan oleh Pemprov Riau. "Ini adalah peluang untuk mengeloka Blok Siak dengan otak sendiri, tangan sendiri, dan dengan uang sendiri," ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan segera menemui Menteri ESDM Jero Wacik untuk melakukan lobi terkait kelanjutan nasib Blok Siak.

Eka Saputra


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar