Daerah

Rupiah Semakin Loyo di Level Rp.11.800

[caption id="attachment_5633" align="alignleft" width="276"]Ilustrasi. gagasanriau.com Ilustrasi. gagasanriau.com[/caption]

gagasanriau.com, Jakarta - Rupiah terus mengalami pelemahan hingga menembus level 11.800. Ini akan memberatkan pemerintah dalam menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2014.

Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual mengatakan, pelemahan rupiah yang terjadi sekarang ini akan berdampak besar pada dua hal, yakni belanja modal dan impor migas. Belanja modal yang sebagian besar bersubstitusi impor berpengaruh signifikan pada pembengkakan anggaran.

Begitu pula dengan impor migas yang notabene konsumsi masyarakat masih tinggi dengan pesatnya penjualan kendaraan bermotor. Menurut David, nilai tukar rupiah yang berada di bawah 12.000 masih dapat dikompensasi dengan harga minyak dunia yang stabil dan asumsi produksi minyak dunia yang meningkat tahun depan.

Sementara, kalau sudah melewati ambang 12.000 maka akan berpotensi pada pembengkakan defisit anggaran dalam APBN 2014 yang dipagu 1,69% dari PDB. "Bisa saja mencapai 2%," ujarnya. Karena, seperti yang diungkapkan pemerintah bahwa pelemahan setiap 100 rupiah akan terjadi pembengkakan anggaran sekitar Rp 1 triliun. Kalau pelemahan mencapai 1.000 rupiah maka pembengkakan yang terjadi mencapai Rp 10 triliun.

Terlebih dari sisi penerimaan akan ada penurunan dengan adanya pelemahan. Rupiah di atas 12.000 akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Kalau pertumbuhan ekonomi turun berarti penerimaan pajak juga turun.

Sementara itu, Kepala Ekonom Bank Tabungan Negara (BTN) A. Prasetyantoko melihat kalau pelemahan rupiah di level 11.800 ini terus terjadi hingga akhir tahun, maka dampaknya akan besar terjadi di APBN 2014. Dari sisi pengeluaran baik pembiayaan impor dan utang luar negeri akan melonjak naik.

Kemungkinan pelemahan rupiah ini yang terjadi sekarang ini sangat mungkin berlanjut hingga triwulan I 2014. Maka dari itu, defisit anggaran bisa melonjak keluar dari target.

"Karena dengan pelemahan kita akan juga mengganggu realisasi pendapatan," pungkas Prasetyantoko.

kontan.co.id


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar