Hari Ini, Wamenag Buka Konferensi Imam Besar Masjid Se- Dunia

[caption id="attachment_5944" align="alignleft" width="275"]Masjid Agung Annur Pekanbaru Masjid Agung Annur Pekanbaru[/caption]

gagasanriau.com, Pekanbaru- Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI Nasarudin Umar, direncanakan Hari ini, Senin (2/12) malam, akan  membuka konferensi Imam besar Masjid Se Dunia, di Pekanbaru, Riau. Iven internasional ini, akan diikuti sebanyak 500 imam dari 14 negara Islam yang ada di dunia.

Ketua Panitia Konferensi Imam Masjid Sedunia, Tengku Dahril, Ahad (1/12) kepada gagasanriau.com mengatakan, agenda iven ini akan berlangsung selama lima hari, mulai tanggal 2-6 Desember 2013. Konfrensi ini mengangkat tema peran strategis imam dalam membangun peradapan melalui masjid.

"Seluruh Imam sedunia telah hadir di Pekanbaru. Insya Allah, besok malam Wakil Menteri Agama akan membuka konfrensi imam sedunia. Ini merupakan kehormatan bagi Riau, yang harus diiringi dengan hasil-hasil rekomendasi untuk kemajuan Islam di dunia,"kata Dahril.

Ditambahkannya, konferensi Imam Masjid Sedunia, memiliki makna bagi kalangan muslimin. Imam di dalam Islam, adalah sebagai pemimpin yang berfungsi untuk mempersatukan umat dan mendapatkan keridaan dari Allah SWT. Melalui pertemuan ini, seluruh imam bisa berinteraksi, dan saling memberi ilmu pengetahuan dan pengalaman dan juga bisa menjadi wadah untuk menyamakan visi dan persepsi.

"Dari pertemuan ini akan muncul ide dan gagasan, baik untuk tingkat nasional dan internasional. Majelis ini akan dirancang program kemampuan keimaman, selain itu juga diharpakan bisa mempersatukan umat dan mendapatkan keridaan dari Allah SWT,"tuturnya.

Selain melahirkan pemikiran untuk kemajuan Islam lanjutnya, Konferensi Imam Masjid se dunia ini, bisa ditindaklanjuti dengan membentuk wadah organisasi serta penunjukan sekretariat organisasi imam se dunia.  Sehingga, konferensi ini tidak hanya berjalan sesaat ini saja, tetapi berkesinambungan dalam pertemuan-pertemuan selanjutnya, untuk membahas persoalan-persoalan Islam kedepannya.

Dahril berharap, untuk organisasi imam masjid se dunia ini, Riau, sangat layak ditetapkan sebagai sekretariatnya. Karena di Riau sebagai inisiator pertemuan yang pertama kali di gelar. Dan Indonesia juga termasuk dalam penganut Islam terbesar di Dunia.

Sementara itu, bagi umat muslim yang ada di Riau, juga akan mendapatkan imbas positifnya. Selama perhelatan konfrensi imam sedunia ini, pemerintah Provinsi Riau mengadakan salat tahajud, di Masjid Agung An-Nur, Pekanbaru, selama satu bulan penuh. Salat ini akan diimami oleh imam yang hafal 30 jus dan akan berlangsung mulai pukul 02.00 Wib dinihari.

Dijelaskannya, ke-14 negara yang telah memastikan hadiri, adalah, Irak, Afrika Selatan, Rusia, Kuwait, Pakistan, Tunisia, Palestina, Senegal, Singapura, Brunei Darussalam, Timor Leste, Malaysia dan Prancis.

Sedangkan dari Indonesia antara lain, imam-imam dari Provinsi DKI Jakarta, Yogyakarta, Nusatenggara Barat, Maluku, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Jambi, Sumatra Barat, Sumatra Utara, Aceh, Sumatra Selatan, Lampung, dan Kepri. Dan dari Prosinsi Riau juga akan hadi seluruh imam dari 12 Kabupaten Kota.

Eka Saputra


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar