Daerah

Negara Turki Paling Banyak Penjarakan Wartawan

 

gagasanriau.com-Dua tahun berturut-turut, negara Turki menempati peringkat pertama di dunia sebagai negara yang paling banyak memenjarakan wartawan.

 

Demikian dilaporkan Committee to Protect Journalists (CPJ), komite perlindungan wartawan yang berbasis di New York, Amerika Serikat, Desember 2013.

 

“Empat puluh wartawan sekarang sedang menjalani hukuman di Turki , lebih rendah dari tahun sebelumnya, 2012, yang sampai 49 wartawan.

 

Peringkat kedua ditempati negara Iran, yang memenjarakan 35 wartawan. Adapun negara Cina menempati posisi ketiga, yang telah memenjarakan 32 wartawan,” demikian laporan komite tersebut.

 

Lebih dari setengah jumlah wartawan yang dipenjara di seluruh dunia ada di ketiga negara itu, menurut lembaga pemantau hak asasi.

 

“Memenjarakan wartawan karena sedang menjalani pekerjaan kewartawanannya adalah ciri dari masyarakat yang intoleran, masyarakat represif,” ujar Joel Simon, Direktur Eksekutif CPJ. Komite itu menduga, pemerintah Turki menindak sebagian wartawan karena berita mereka yang mengkritisi Gezi Park.

 

Laporan CPJ juga menyebutkan, terjadi kenaikan jumlah wartawan yang dipenjarakan di negara Viet Nam, Mesir, dan Siria.

 

reuters  


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar