Daerah

Lindungi Petani Kelapa, Bupati Inhil Terapkan Wajib Konsumsi Produk Lokal

gagasanriau.com ,Tembilahan-Untuk memaksimalkan potensi kelapa yang dimiliki oleh Kabupaten Indragiri Hilir, Bupati Indragiri Hilir, HM. Wardan, segera buat Surat Edaran untuk Para Pegawai Negeri agar mengkonsumsi minyak kelapa.

Hal ini disampaikan Bupati saat memberikan sambutan di acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, di Masjid Syuhada Desa Belantaraya Kecamatan Gaung, Selasa 14 Januari 2014. Di dampingi Ketua TP PKK Kabupaten Inhil, Hj. Zulaikhah serta beberapa Pejabat Eselon di lingkungan Pemkab Inhil, kedatangan Bupati disambut dengan antusias masyarakat Desa Belantaraya dan sekitarnya. Hal ini dapat disaksikan dari ribuan Warga dan Jammah yang memadati Masjid Syuhada.

Dikatakan Bupati, mayoritas warga masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir adalah Petani kelapa, dan mayoritas lahan adalah perkebunan kelapa. Amat sangat disayangkan apabila potensi yang dimiliki ini tidak dapat dimaksimalkan. "Alhamdulillah harga kelapa sekarang sudah naik, tugas kita selanjutnya adalah menjaga harga tersebut agar tetap stabil", ajak Bupati. Ditambahkan Bupati, minyak kelapa baik untuk kesehatan karena rendah kolesterol. Sebab itu, banyak manfaat yang bisa didapat dengan mengkonsumsi minyak kelapa. "Selain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Inhil, konsumsi minyak kelapa juga bagus untuk kesehatan", ungkap Bupati. Sebelumnya, Bupati dan Wakil Bupati beserta dengan Unsur Muspida telah melakukan kunjungan ke PT. Inhil Sari Mas Kelapa di Sungai Sejuk (13-01-14) untuk melihat seberapa besar potensi pemanfaatan kelapa Petani Inhil. Harapan Bupati, dapat terjalin koordinasi antara pihak perusahaan, Pemerintah Daerah, serta masyarakat Petani kelapa dalam menyalurkan hasil kelapa Inhil. Sehubungan dengan himbauan Bupati tntang mengkonsumsi minyak kelapa, dijelaskan Bupati bahwa ketika mayoritas warga Inhil menggunakan minyak kelapa, maka kebutuhan akan kelapa juga akan meningkat, dan muaranya tentu saja harga kelapa dapat menjadi lebih baik dalam menunjang kesejahteraan masyarakat. Findriani Arifin Rilis


[Ikuti GagasanRiau.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar