APBD Tak Dibelanjakan Pemprov Riau, Sudah 6 Bulan Realisasi di Bawah 20 Persen


Dibaca: 1297 kali 
Rabu,15 Juni 2016 - 20:18:42 WIB
APBD Tak Dibelanjakan Pemprov Riau, Sudah 6 Bulan Realisasi di Bawah 20 Persen

GagasanRiau.Com Pekanbaru - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tak juga menunjukan kinerja berarti dalam membangun daerah. Pasalnya dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Riau yang seharusnya digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat hingga kini serapannya masih dibawah 20 persen.

Hal ini terungkap saat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau melakukan Rapat Dengar Pendapat(RDP) dengan mitra kerja di Pemerintah Provinsi.

Hal ini menjadi kekhawatiran bagi DPRD Riau dengan masih rendahnya realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah pada 2016 ini yang dikarenakan  kurangnya progres dari Satuan Kerja (Satker) tersebut.
 
Pada Rabu (15/6/2016), Komisi A DPRD Riau bertempat diruangannya mengadakan hearing dengan enam instansi yang menjadi mitra kerjanya.
 
 "Pada dasarnya kami tidak terlalu khawatir dengan mitra kerja Komisi A karena masih digaris progres. Yang kita khawatirkan itu dari 12 SKPD yang berada pada pengawasan secara keseluruhan masih di bawah 20 persen," ungkap Ketua Komisi A DPRD Riau, Hazmi Setiadi, di Pekanbaru, Rabu.

Enam instansi yang diundang hearing oleh Komisi A tersebut diantaranya, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Badan Inspektorat, Biro Administrasi Pemerintahan, dan Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Riau.

"Pada posisi 10 Juni serapan dari kelima SKPD tersebut adalah, Bappeda masih 35,53 persen, Satpol PP 29,59 persen, Inspektorat 28,94 persen, Diskominfo 13,83 persen, sementara biro administrasi pemerintahan kami belum dapat data karena dia masuk ke sekretariat daerah," jelasnya usai hearing.
 
Lebih lanjut, yang paling dikhawatirkan 62 Satker secara keseluruhan masih dibawah 20 persen. Seperti Dinas Pendidikan yang secara Undang-Undang Dasar 1945 harus 20 persen, Dinas Kesehatan 10 persen, dan yang lainnya.

Dikatakan politisi PAN ini, Satker tersebut saat ditanyakan kendalanya ada yang sedang proses tender, pengumuman kegiatan baru sampai pada progres uang muka, dan lain sebagainya.

"Kami komisi A terus mendorong seluruh Satker agar terus menggenjot serapan anggaran yang sudah dianggarkan dalam APBD Murni 2016," tambahnya.

Lalu ia juga meminta kepada gubernur Riau, agar terus mengevalusi kinerja bawahannya tersebut untuk mengingatkan supaya merealisasikan anggaran dengan segera, karena pada tahun ini sudah memasuki Juni.

"Sekarang saja sudah masuk Juni, artinya hanya tinggal setengah lagi dari tahun ini atau 50 persennya," ulasnya lagi.

Ia mengingatkan untuk mengevaluasi secara terus menerus atau rutin. Karena peningkatan serapan anggaran perlu ditingkatkan.

"Apalagi lagi kami anggota dewan bakal membahas APBD Perubahan 2016," tutupnya.

Editor Arif Wahyudi


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker