Dipaksa Beli Buku Paket, Orangtua Siswa Pertanyakan Program Pendidikan Gratis


Dibaca: 1379 kali 
Jumat,29 Juli 2016 - 14:58:45 WIB
Dipaksa Beli Buku Paket, Orangtua Siswa Pertanyakan Program Pendidikan Gratis

GagasanRiau.Com Pelalawan - Dalam acara rapat dengar pendapat Komisi I DPRD Pelalawan dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Pelalawan, pihak sekolah dan PT Airlangga selaku penerbit buku, ditemukan adanya kewajiban siswa membeli buku paket dan seragam di sekolah.

Tentu saja para orangtua siswa mengeluhkan hal ini, khususnya yang dilakukan pihak SDN 012 Terusan, Pangakalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan.

Seperti dilansir Goriau.com, diungkapkan orangtua yang meminta namanya untuk tidak dipublikasikan ini, siswa diminta membayar hingga Rp 352 ribu untuk membeli sejumlah buku paket pelajaran.

"Katanya ada program Pelalawan Cerdas yang gratis, mana buktinya pendidikan gratis itu. Tidak hanya buku, seragan juga harus dibeli," jelasnya.

Disebutkan orangtua siswa ini, setidaknya ada 6 buku paket pelajaran yang harus dibeli oleh para siswa.

"Matematika Rp 65 ribu, Bahasa Indonesia Rp 57 ribu, Sains Rp 63 ribu, IPS Rp 68 ribu, PKN Rp 46 ribu, PAI Rp 53 ribu," bebernya.

Menurutnya, persoalan tersebut sengaja disampaikan ke DPRD Pelalawan agar ada solusinya.

"Makanya persoalan ini kami sampaikan ke bapak-bapak di DPRD. Kami hanya ingin mempertanyakan, mana program Pelalawan Cerdas yang katanya pendidikan gratis itu," tandasnya.

Terkait persoalan itu, Anggota Komisi I DPRD Pelalawan, Baharudin SH, mengaku telah menerima pengaduan tersebut dari para orangtua siswa.
"Prinsipnya kita dukung Pelalawan Cerdas, jadi kita minta sekolah tetap berpedoman pada program itu," ujarnya.

Baharudin mengingatkan, jangan sampai pihak sekolah terlalu membebani orangtua siswa.

"Sesuai pertemuan yang kita lakukan, kita minta semuanya duduk bersama untuk mencari jalan penyelesaian," ujarnya.***


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,06 Maret 2019 - 00:25:51 WIB
    BEDAH BUKU SUKSES

    Demokrasi ''Bagus Santoso'' Wani Piro, Jembatan Politik Sang Politisi Merakyat Menuju Senayan

    Demokrasi ''Bagus Santoso'' Wani Piro, Jembatan Politik Sang Politisi Merakyat Menuju Senayan GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Bedah buku Demokrasi Wani Piro karya besar Bagus Santoso berlangsung sukses dan menarik minat dari berbagai kalangan masyarakat. Membludaknya Peminat yang hadir melebihi kapasitas tempat d
  • Sabtu,02 Maret 2019 - 12:30:03 WIB

    Polisi Ini Bentak Warga Pekanbaru Hingga Menangis, Saat Hendak Melapor

    Polisi Ini Bentak Warga Pekanbaru Hingga Menangis, Saat Hendak Melapor GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Fitri Yanti, warga Kota Pekanbaru ini kecewa dengan perlakuan seorang polisi yang bertugas di Polsek Rumbai. Pasalnya saat dirinya hendak melapor soal kejadian yang ia alami, petugas piket Polsek
  • Selasa,22 Januari 2019 - 22:43:35 WIB

    Ujian Paket PKBM Digelar April Mendatang

    Ujian Paket PKBM Digelar April Mendatang GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Meski tanggal pasti belum ditentukan, namun ujian paket A, B, C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pekanbaru akan digelar April mendatang di SMAN 1 Pekanbaru.  
  • Selasa,22 Januari 2019 - 22:39:35 WIB

    Kepsek SDN 149 Dukung Seleksi Calon Kepala Sekolah

    Kepsek SDN 149 Dukung Seleksi Calon Kepala Sekolah GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Seleksi calon kepala sekolah (Cakep) yang akan digelar Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru pada 26 Januari 2019 mendatang, mendapat dukungan dari Kepala sekolah (Kepsek) SDN 149 Pekanbaru, Am
  • Jumat,11 Januari 2019 - 19:54:51 WIB

    Bahas Strategi 2019, MGMP Penjaskes Gelar Diskusi

    Bahas Strategi 2019, MGMP Penjaskes Gelar Diskusi GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Sebanyak 60 guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjaskes) tingkat SMP se kota Pekanbaru, menggelar diskusi di SMPN 4 Pekanbaru. Kegiatan rutin yang digelar setiap hari Jumat ini bertujuan untu
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker