Inilah Syarat Dukungan Jika Paslon Independen Maju Pilkada Riau


Dibaca: 294 kali 
Selasa,12 September 2017 - 14:30:36 WIB
Inilah Syarat Dukungan Jika Paslon Independen Maju Pilkada Riau Ilustrasi

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) di Provinsi Riau tahun 2018 nanti, kemungkinan untuk diramaikan oleh Pasangan Calon (Paslon) Independen tidak menutup kemungkinan. Namun hal tersebut harus terpenuhi dahulu syarat-syaratnya.

Sebagaimana disampaikan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah Provinsi Riau. Lembaga penyelenggara Pilkada di Riau ini menetapkan syarat dukungan minimal pasangan calon perseorangan atau independen adalah 331.119 dukungan dari total Daftar Pemilih Tetap.

"Sudah diputuskan, dalam rapat pleno yakni syarat minimal pasangan calon dari jalur perseorangan sebanyak 333.119 dukungan," kata Kepala Divisi Teknis KPUD Riau, Abdul Hamid di Pekanbaru, Senin (12/9/2017)..

Dan keputusan Pleno tersebut akan diumumkan secara resmi pada November 2017 mendatang. Sementara jalur perseorangan ini, lanjut dia, mempunyai ketentuan dan syarat tersebar lebih dari 50 persen daerah di Provinsi Riau.

"Berdasarkan aturan dengan jumlah dukungan 333.119, itu minimal. Nanti dipisahkan berdasarkan kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi. Dan ini tersebar lebih dari 50 persen daerah di Provinsi Riau," ujar Abdul Hamid.

Komisioner KPU Riau bidang Hukum, Ilham M Yasir, mengatakan untuk pengumpulan berkas dukungan nantinya, pihaknya berharap agar tim bakal calon dari jalur perseorangan dapat menyusun dukungan dirinci mulai tingkat kelurahan, kecamatan dan baru pada tingkat kabupaten/kota.

Hal tersebut juga akan memudahkan tim verifikasi melakukan pengecekan data faktual di lapangan nantinya.

"Bagi bakal calon gubernur yang akan menggunakan jalur perseorangan atau jalur independen, hendaknya langsung mengumumkan siapa wakilnya nanti. Agar tidak dilakukan verifikasi ulang atau dua kali verifikasi nantinya," sebutnya.

Hingga kini, KPU Riau memberikan kesempatan kepada kandidat yang ingin maju, baik jalur partai politik maupun perseorangan, untuk berkonsultasi dengan KPUD Riau, agar pelaksanaan helat pesta demokrasi itu berjalan dengan lancar.(ANTARA)

Editor Arif Wahyudi


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu,08 November 2017 - 14:30:44 WIB

    Personel TNI AU Lanud Rsn Donorkan Darahnya

    Personel TNI AU Lanud Rsn Donorkan Darahnya GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Sebagai wujud kepedulian terhadap sesama, personel Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin dan Batalion Komando Pasukan Khas (Yonko 462) mengikuti kegiatan donor darah yang dilaksanakan oleh Gramed
  • Jumat,03 November 2017 - 18:19:13 WIB

    Rakerda MUI, Gubri Ajak MUI Bersatu Kembangkan Ekonomi Syariah

    Rakerda MUI, Gubri Ajak MUI Bersatu Kembangkan Ekonomi Syariah GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Riau mengelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) III di Balai Serindit Gedung Daerah Provinsi Riau, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Jumat (3/11). Dihadiri dan dibuka langsung Gu
  • Rabu,27 September 2017 - 07:07:09 WIB

    Pemprov Riau Terapkan SPIP Cegah Korupsi

    Pemprov Riau Terapkan SPIP Cegah Korupsi GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Untuk menerapkan Provinsi (Pemprov) Riau menjalankan pemerintahan yang bersih, Gubernur Arsyadjuliandi Rachman membuat kesepakatan bersama (Mou) dengan Forum Pimpinan Da
  • Jumat,22 September 2017 - 15:27:26 WIB

    Tahun Baru Islam 1439, Gubri Ajak Jaga Hubungan Harmonis

    Tahun Baru Islam 1439, Gubri Ajak Jaga Hubungan Harmonis GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Arsyadjuliandi Rahman Gubernur Riau (Gubri) mengajak seluruh kalangan untuk selalu menjaga hubungan yang harmonis sesama umat. Hal ini sampaikan saat menghadiri tabligh akbar menyam
  • Kamis,07 September 2017 - 15:15:18 WIB

    Bunda PAUD Riau Serahkan Bantuan Paket Sekolah Dalam Agenda One Day For Children

    Bunda PAUD Riau Serahkan Bantuan Paket Sekolah Dalam Agenda One Day For Children GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Pada gelaran acara yang ditaja oleh Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Riau, Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Hj Sisilita Arsyadjuliandi Rachman didampingi Gubernur Ri
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker