Bangunan Papan Reklame Sudah Marak Seperti Sampah, Wako Pekanbaru Murka


Dibaca: 212 kali 
Kamis,05 Oktober 2017 - 18:24:09 WIB
Bangunan Papan Reklame Sudah Marak Seperti Sampah, Wako Pekanbaru Murka Papan Reklame diduga ilegal di Jalan Soekarno Hatta

GAGASANRIAU.COM, PEKANBARU - Semakin maraknya setiap sudut di Kota Pekanbaru karena ulah pengusaha memasang bangunan Billboard atau papan reklame membuat Kota Bertuah ini sumpek dan kotor. Namun anehnya meskipun diduga belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan, papan reklame ini setiap hari terus bertambah di setiap persimpangan lampu peringatan lalu lintas bahkan sudut Kota Pekanbaru.  

Bahkan ada bangunan reklame yang baru berdiri langsung dipasang spanduk iklan. Pantauan GAGASANRIAU.COM Kamis sore (5/10/2017) di Jalan Soekarno Hatta persis diseberang depan Pasar Pagi Arengka bangunan reklame itu sudah dipasang muka politisi yang ingin maju Pilkada di Riau.

Sementara itu, Firdaus MT Walikota Pekanbaru sebagaimana dilansir oleh Antarariau, meminta kepada para investor khususnya bidang periklanan atau "advertising", agar tidak mengotori ibu kota Provinsi Riau itu dengan "polusi visual".

Firdaus mengatakan hal itu untuk mengomentari data sementara Satuan Polisi Pamong Praja Pekanbaru yang menunjukkan keberadaan ribuan reklame ilegal.

"Saya sudah perintahkan, cabut, potong agar kota ini bersih. Tidak ada ampun," tegas Firdaus di Pekanbaru.

Pada dasarnya, ia mengatakan Pemko Pekanbaru sangat terbuka kepada seluruh investor yang menanamkan modalnya di Pekanbaru, khususnya sektor jasa "advertising".

Namun, ia menegaskan tidak akan memberikan ruang kepada para pemodal yang semena-mena dalam memasang iklan, termasuk mendirikan iklan raksasa yang membahayakan warga.

Disisi lain, ia mengatakan pihaknya tidak menutup kemungkinan memberikan kelonggaran kepada pemasang iklan yang masih ilegal, namun dari sisi lokasi tidak melanggar peraturan daerah.

"Kalau dalam titik yang benar, itu boleh diputihkan. Tapi kalau sudah tidak benar, itu yang harus dipotong," ujarnya.

Satpol PP Pekanbaru belum lama ini menyatakan terdapat ribuan papan reklame yang masih berdiri ilegal dan membahayakan di Pekanbaru. Beberapa dari papan reklame tersebut justru berukuran raksasa, dan telah dipotong petugas.

Keberadaan papan-papan reklame tersebut menyalahi Peraturan Walikota (Perwako) Nomor 24 tahun 2013, Bab IV tentang perencanaan teknis bangunan reklame.

"Saat ini ada ribuan yang belum dipotong, termasuk tiang reklame yang berada didepan toko," kata Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian.

Ia mencontohkan, seperti yang terdapat di Jalan Tuanku Tambusai, Jalan Arifin Ahmad, Jalan HR Subrantas dan diberbagai ruas jalan lainnya. Menurutnya, memasang reklame di depan toko tidak dibenarkan.

Editor Arif Wahyudi
sumber antarariau


Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: redaksi@gagasanriau.com
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker