Lisa Anggraini: Pilkada Riau 2018, Perempuan Harus Terlibat Perjuangkan Haknya


Dibaca: 250 kali 
Rabu,06 Desember 2017 - 16:12:50 WIB
Lisa Anggraini: Pilkada Riau 2018, Perempuan Harus Terlibat Perjuangkan Haknya Lisa Anggraini aktifis Repdem Kota Pekanbaru
GAGASANRIAU.COM PEKANBARU - Lisa Anggraini aktifis Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) Kota Pekanbaru menyatakan bahwa kaum perempuan pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) di Riau tahun 2018 nanti harus punya sikap untuk mengintervensi kebijakan.
 
"Dengan terbukanya peluang dan ruang-ruang politik di era demokrasi ini, Pemilukada adalah panggung terbuka untuk menegaskan hak-hak kaum hawa mengintervensi kebijakan" kata Lisa Rabu siang (6/12/2017).
 
Pasalnya disampaikan Lisa lagi, selama ini proses demokrasi di daerah khususnya di Riau, kaum perempuan belum secara massif terlibat dan menentukan sikap politik secara objektif dalam menentukan figur yang punya komitmen kebijakan terkait hak-hak kaum perempuan.
 
"Masih sebatas kedekatan emosional dan penilaian subyektif, bukan pada kebutuhan mendasar dari kaum perempuan itu sendiri," ujarnya.
 
Dicontohkan Lisa, kaum perempuan masih berkutat soal dicekoki kebutuhan yang sifatnya tentatif, seperti diberikan sejumlah uang dalam amplop untuk memilih, namun kaum perempuan masih terpinggirkan saat proses demokrasi itu berakhir.
 
"Kaum perempuan harus bisa menegaskan bahwa mereka harus bisa mengintervensi soal politik anggaran, dimana anggaran untuk kesehatan ibu hamil, melahirkan, selain itu juga peningkatan kualitas hidup, pendidikan sehingga tidak lagi berkutat dengan persoalaan domestik rumah tangga," terang Lisa.
 
Juga dikatakan Lisa, soal kesempatan dalam jabatan politik, perempuan memiliki porsi sesuai dengan undang-undang berlaku dan kesempatan yang setara dengan kaum laki-laki. "Hingga bukan sekedar jargon saja" ujarnya.
 
Ditegaskan Lisa bahwa perlindungan, pemenuhan dan penghormatan hak asasi perempuan adalah tanggung jawab semua pihak baik lembaga-lembaga Negara ( eksekutif, legislatif, yudikatif ) maupun Partai politik dan Lembaga Swadaya Masyarakat. Bahkan warga negara secara perorangan punya tanggung jawab untuk melindungi dan memenuhi hak asasi perempuan .
 
Sebagai informasi di tahun 2018 nanti Provinsi Riau akan menggelar pesta demokrasi. Dimana Provinsi Riau sendiri akan mengadakan Pemilihan Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Riau. Dan untuk di daerah, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) juga menggelar Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serentak dengan Pilgubri.
 
Editor Arif Wahyudi

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker