Andi Rachman Sebut Pihaknya Komit pada Upaya Pemenuhan Kebutuhan Pangan Masyarakat


Dibaca: 394 kali 
Sabtu,10 Maret 2018 - 16:58:36 WIB
Andi Rachman Sebut Pihaknya Komit pada Upaya Pemenuhan Kebutuhan Pangan Masyarakat Pasangan AYO saat kampanye di Dumai. (f: grc)
GAGASANRIAU.COM, DUMAI-Cagub (calon gubernur) Riau nomor urut 4 pada Pemilihan Gubernur Riau 2018 H. Arsyadjuliansi Rachman menyatakan pihaknya komit pada upaya  pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat, karena merupakan salah satu program andalan yang akan dicapai bila kelak diperaya kembali memimpin Riau.
 
Tokoh yang akrab dipanggil Andi Rachman tersebut mengatakan hal itu saat menjawab sejumlah harapan masyarakat ketika menggelar kampanye dialogis di Sei Sembilan, Dumai, Jumat (9/3/2018). Selain kedua pasangan AYO, hadir pada kampanye tersebut di antaranya Ketua Golkar Dumai Tomo Kipda dan Ketua DPRD Dumai, Gusri Effendi.
 
Dalam kesempatan berdialog, warga di sana meminta kepada pasangan nomor empat Arsyadjuliandi Rachman - Suyatno (AYO) untuk menyediakan lahan pertanian agar bisa mencukupi kebutuhan warga di Dumai. Hal tersebut disampaikan Ponimin, tokoh masyarakat Sungai Sembilan.
 
''Saat ini, kebutuhan sayur dan pangan di Dumai 80 persennya dipasok dari daerah luar, Sumbar dan Sumut. Padahal, lahan di Sei Sembilan ini masih banyak yang berupa hutan. Kalau boleh, dilepas untuk lahan pertanian pak,'' ujar Ponimin.
 
Menurutnya, Sei Sembilan sebenarnya banyak petaninya. Tapi lahannya masih numpang numpang. Kondisi itu membuat hasil pertaniannya hanya bisa memenuhi 20 persen saja kebutuhan pangan di Kota Dumai. ''Prospek petani ini menjanjikan pak. Apalagi banyak yang mau bertani. Lebih lagi Dumai ini memang akan berkembang pesat. Kalau pertaniannya maju, warga Insya Allah bisa mapan,'' ungkap Ponimin.
 
Lebih jauh Andi Rachman menjelaskan, pasangan akan lihat ketersedian lahan di Dumai sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Riau yang belum dapat persetujuan dari pemerintah pusat. Setelah disetujui, pihaknya akan berupaya mencarikan lahan untuk pengembangan pertanian di Dumai.
 
Selanjutnya, pasangan ini berkomitmen mengkaji dan bisa segera merealisasikan pencetakan lahan pertanian baru. Pengkajian itu untuk melihat sumber air untuk irigasinya. ''Kalau hasil kajiannya feasible, Insya Allah segera kita realisasikan,'' ujar Andi Rachman.***
 
Editor : Evi Endri
Sumber : GoRiau.com

Akses gagasanriau.com Via Mobile m.gagasanriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KABAR POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Kertama Marpoyan Damai Perum Nusa Indah A48 Pekanbaru, Riau. 28125
Email: [email protected]
DOWNLOAD APP GAGASANRIAU.COM

  
tembilahan situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker