KPU Riau Baru Dilantik Di Jakarta Tanpa serah Terima Jabatan

Rabu, 19 Februari 2014 - 13:45:44 wib | Dibaca: 1875 kali 

Gagasanriau.com ,Pekanbaru-KPU Republik Indonesia segera melantik anggota KPU Riau baru periode 2014-2019 di Jakarta, Rabu, kata Kabag Data dan SDM KPU Riau Kamirin Land.

"Lima komisioner terpilih harus berada di Jakarta pukul 14.00 WIB untuk pelantikan setelah diumumkan peringkat lima teratas calon komisioner yang akan menjabat di KPU Riau," kata Kamirin Land di Pekanbaru, Rabu (19/2/2014).

Lima Komisioner KPU Riau yang telah ditetapkan oleh KPU RI adalah Nurhaimin, Ilham, Abdul Hamid, Sri Rukmini, dan Syapril abdullah. Lima peringkat teratas tersebut menyingkirkan lima lainnya yaitu Suparto, Fauzan, Alamanarsyah, Erisman, dan Danny Setyawan yang menduduki peringkat enam sampai dengan sepuluh.

Dalam pelantikan KPU Riau, menurut Kamirin, tidak melibatkan komisioner sebelumnya. Dengan demikian berarti tidak akan ada proses serah terima jabatan antara kedua belah pihak.

"Ini bukanlah jabatan struktural, jadi tidak ada proses serah terima jabatan," terang Kamirin Land.

Sementara itu, jabatn Komisioner KPU Riau sekarang juga akan segera habis hari ini, Rabu (19/2), bertepatan dengan dilantiknya Gubernur dan Wakil Gubernur Riau yang baru hasil Pilkada. Hal ini dikarenakan jabatan KPU Riau yang sebenarnya habis tahun lalu hanya diperpanjang oleh KPU RI sampai pelantikan Gubernur.

Pelantikan KPU Riau yang baru digelar bersamaan harinya dengan pelantikan Gubernur karena tidak ingin adanya kekosongan jabatan komisioner di KPU Riau. Pelantikan Gubernur dilakukan pada pagi harinya, sedangkan pelantikan KPU Riau diperkirakan malam, katanya.

Setelah dilantik, kata Kamirin, ke lima Komisioner KPU Riau periode baru itu akan menjalani bimbingan teknis tata cara memilih komisioner 11 KPU Kabupaten Kota. "Hal ini sekaligus menjadi tugas pertama dari KPU Riau," katanya.

Jabatan Komisioner 11 KPU kabupaten kota sedianya juga berakhir setelah pelantikan Gubernur Riau. Apabila memang KPU Riau melakukan rekrutmen setelah pelantikan, telah dapat dipastikan bahwa jabatan komisioner 11 kabupaten kota di Riau kosong.(Ant)


Loading...
BERITA LAINNYA