Wow Mantap! Pemkab Rohil Hasilkan Terasi Kualitas Ekspor

Jumat, 25 Juli 2014 - 10:07:44 wib | Dibaca: 2123 kali 

Gagasanriau.com Bagansiapiapi-Kualitas terasi ekspor yang berada di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, sudah menjadi pendapatan tersendiri bagi masyarakat Bumi Seribu Kubah, pasalnya dalam setahun ekspor belacan itu bisa sebanyak enam kali.

Dimana, di Pemkab Rohil, penghasil terasi di terdiri dari, Bagansiapiapi, Panipahan, Pulau Halang, dan Sinaboi. Terasi kualitas itu diekspor ke negara tetangga Malaysia.

"Eksport belacan tidak tiap bulan. Tapi untuk satu kali keberangkatan bisa mencapai 15 ton dan minimal 10 ton," kata Kepala Cabang Bea dan Cukai (BC) Bagansiapiapi, Agung Saptono, Kamis (24/7) di Bagansiapiapi.

Dikatakan, besar nilai eksport produk perikanan ini tergatung nilai kurs rupaih terhadap ringgit Malaysia.

"Ramadan dan jelang Idul Fitri 1435 H ini eksport produk perikanan, beruba belacan dan ikan tidak ada peningkatan alias stabil. Untuk belacan, biasa eksportir mengumpulkan dulu belacannya, dan setelah cukup di eksport. Itu sebab eksport belacan tidak tiap bulan," katanya.

Selain belacan, terang dia, Rohil juga mengeksport ikan basah dan ikan kering. Sekali eksport, terang dia, juga berkisar antara 10 ton sampai 15 ton. Eksport ikan segar dan ikan kering ini, jelas dia, tiap bulan. Eksport produk perikanan Rohil ini melalui pelabuhan eksport import Dumai dan Belawan, Medan.

"Daerah yang banyak eksport belacan dan ikan adalah Panipahan. Produk belacan dan ikan dari Bagansiapiapi, Pulau Halang dan Sinaboi juga ada," urainya.

Hermasyah


Loading...
BERITA LAINNYA