Membuka Keterisoliran Desa Terpencil

Masyarakat Minta Jalan Poros Bukit Batu-Siak Kecil Ditingkatkan

Jumat, 19 Februari 2016 - 05:30:28 wib | Dibaca: 1988 kali 
Masyarakat Minta Jalan Poros Bukit Batu-Siak Kecil Ditingkatkan
Masyarakat Minta Jalan Poros Bukit Batu-Siak Kecil Ditingkatkan

GagasanRiau.Com Sungaipakning - Masyarakat Kecamatan Bukit Batu dan Siak Kecil, kususnya yang berdomisili di desa-desa terpencil, meminta agar Pemerintah Kabupaten Bengkalis melanjutkan peningkatan Jalan Poros Bukit Batu-Siak Kecil.

Jalan yang sebelumnya dibangun dengan sistem multy years oleh Pemkab Bengkalis melalui Dinas Pekerjaan Umum dari tahun 2013 sampai 2015 itu, dinilai sangat bermanfaat terutama dalam membuka keterisoliran desa-desa terpencil.

"Kami mewakili masyarakat Desa Tanjung Damai Kecamatan Siak Kecil, sangat merasakan betul manfaat jalan poros multy years yang dibangun Pemkab, sebelumnya desa kami ini terisolir, namun setelah jalan dibuka sudah banyak pengguna jalan melintas sehingga gairah ekonomi pun menjadi meningkat," tutur Sunaryo salah seorang Warga Desa Tanjung Damai, Kamis (18/2/2016).

Dikatakan Sunaryo, masyarakat memintak agar jalan poros yang sudah dibangun itu, ditingkatkan oleh Pemkab Bengkalis, supaya dapat pula menunjang percepatan pembangunan desa-desa terpencil seperti Tanjung Damai, Sumber Jaya, Langkat dan lainnya.

"Kita sangat mendukung apabila Pemkab terus melanjutkan pembangunan Jalan Poros ini, apa yang dilakukan Pemkab melalui Dinas PU selama beberapa tahun terakhir sudah sangat tepat dan perlu dilanjutkan," tambahnya.

Hal senada disampaikan M. Nazli warga Desa Buruk Bakul Kecamatan Bukit Batu. Dia meminta Pemkab terus mengoptimalkan pembangunan jalan poros dari desa Buruk Bakul Kecamatan Bukit Batu menuju Desa Langkat Kecamatan Siak Kecil.

"Kita berharap jalan poros ini segera ditingkatkan untuk difungsikan, karena sangat besar manfaatnya bagi masyarakat desa seperti desa kami ini, paling tidak taraf ekonomi masyarakat akan meningkat secara perlahan, karena jalan merupakan urat nadi ekonomi," tutur Nazli.

Camat Siak Kecil Alpi Mukhdor dikonfirmasi membenarkan bahwa sejumlah desa seperti Tanjung Damai dan Langkat, menjadi tidak terisolir lagi sejak dibukanya jalan poros tersebut.

"Masyarakat desa seperti di Tanjung Damai sangat mendukung jalan poros tersebut, karena gairah ekonomi menjadi lebih tinggi lantara desa mereka selalu dilewati kendaraan, baik dari Bukit Batu menju Siak Kecil maupun sebaliknya," tutur Alpi Camat Siak Kecil.

Reporter Mirzal Apriliando


Loading...
BERITA LAINNYA